posbekasi.com

Menjaga Kebaikan dan Silaturahmi Kerabat Orang Tua

Ustadz H. Mohammad Subchansyah, ST, (kanan) saat pada pengajian rutin setiap akhir pekan di Masjid Al Muhajirin, Blok E, Perumahan Bekasi Timur Regensi (BTR), Sabtu 8 Juli 2023 malam Ahad. [Posbekasi.com /Hsb]

posBEKASI.com | BEKASI – Kedudukan orang tua sangat mulia, bahwa keridhaan Allah berada dalam keridhaan orang tua. Dengan berbuat kebaikan dan kebahagian orang tua bahagia berbuah pahala.

“Selain kebaikan atau berbakti kepada kedua orang tua, kita juga dianjurkan menjaga hubungan kebaikan (silaturahmi) kepada keluarga, sahabat maupun kerabat orang tua,” ungkap Ustadz H. Mohammad Subchansyah, ST, dalam pengajian rutin setiap akhir pekan di Masjid Al Muhajirin, Blok E, Perumahan Bekasi Timur Regensi (BTR), Sabtu 8 Juli 2023 malam Ahad.

Sering kali persahabatan dan pertemanan itu berlaku hingga masa tua.

“Tidak jarang kita dapati orang tua kita menjalin hubungan baik kepada sahabat-sahabatnya. Bahkan saking dekatnya, hubungan tersebut seperti hubungan saudara. Kita dianggap anak oleh saudara orang tua kita, kita pun menganggap mereka seperti orang tua sendiri,” terang Pimpinan Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Al Quran Al Marhamah Kota Bekasi ini.

Rasulullah SAW telah mengajarkan kita agar terus berbuat baik dan menyambung tali silaturahim dengan sahabat dan teman-teman orang tua kita.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّ أَبَرَّ البِرِّ أَنْ يَصِلَ الرَّجُلُ أَهْلَ وُدِّ أَبِيهِ. رواه الترمذي.

Dari Ibnu Umar r.a. ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Sungguh sebaik-baik kebaikan adalah seseorang yang (mau) menyambung tali silaturahim dengan sahabat bapaknya.” (HR. At-Tirmidzi)

Imam Nawawi mengatakan bahwa hadis ini menunjukkan tentang keutamaan menyambung tali silaturahim dengan teman dan sahabat orang tua, berbuat baik, dan memuliakan mereka.

Meskipun orang tua kita telah meninggal dunia, maka kita dianjurkan untuk tetap menyambung tali silaturahim dengan teman-temannya atau sahabat-sahabatnya.

“Saling mengunjungi, berkirim kabar, dan saling tolong-menolong dalam kebaikan,” kata Ustadz Subchansyah.

Karenanya, apabila orang tua sudah meninggal sangat dianjurkan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan sahabat dan kerabat orang tua kita yang masih hidup.

“Begitu pula, bila kerabat orang tua sudah tiada, kita juga dianjurkan menjaga silahturahmi dengan anak sahabat orang tua,” ujarnya.

Pengajian rutin akhir pekan ini telah berlangsung 20 tahun lebih sejak berdirinya Masjid Al Muhajirin yang merupakan masjid pertama di Perumahan Bekasi Timur Regensi.

Ustadz Subchansyah menambahkan, jika kita dapat menjalankan tuntunan Nabi SAW tersebut, maka hal ini adalah termasuk pada hal yang paling baik dari suatu kebaikan.

“Yakni, menyambung silaturahim kepada sahabat orang tua,” kata Ustadz Subchansyah. [hsb]

BEKASI TOP