posbekasi.com

Ponpes Al Marhamah Gelar Silaturahim Ramadhan, Lurah Omad: Keberadaan Ponpes Keberkahan Kampung Cimuning

Dari kanan – kiri: Lurah Cimuning Omad Sandra Saputra, Ustadz Aris Yulianto (pembawa acara), Ketua Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Al Quran Al Marhamah Ustadz H. Mohammad. Subchansyah, dan Penasehat Ponpes Al Marhamah Ustadz. H. Syarief, pada Silaturahim Ramadhan 1444 H buka puasa bersama santri, anak yatim piatu, dan masyarakat, di Masjid Khulafa Rasyidin, Kompleks Ponpes Al Marhamah, Jalan Darussalam No. 1, Kelurahan Cimuning, Mustikajaya, Kota Bekasi, Ahad 16 April 2023. [Posbekasi.com /Aneera]

POSBEKASI.com | BEKASI – Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Al Quran Al Marhamah menggelar Silaturahim Ramadhan 1444 H, dengan buka puasa bersama santri, anak yatim piatu, dan masyarakat Kota Bekasi, dihadiri Lurah Cimuning Omad Sandra Saputra, SE, di Masjid Khulafa Rasyidin, Kompleks Ponpes Al Marhamah, Jalan Darussalam No. 1, Kelurahan Cimuning, Mustikajaya, Kota Bekasi, Ahad 16 April 2023.

Mukadimah acara dibuka Ustadz Aris Yulianto dengan membaca Basmalah dilanjutkan pembacaan Al Qur’an oleh santri.

“Sejak 2016 didirikannya Pondok Pesantren Al Marhamah ini, setiap tahun menggelar hari hari besar Islam, termasuk buka puasa bersama di Masjid ini. Senantiasa berharap ridha Allah SWT,” kata Penasehat Yayasan Al Marhamah, Ustadz H. Syarief mengawali sambutannya.

Menurut Ustaz Syarief, sebelum terbangunnya Ponpes secara permanen ini, Ponpes sempat dua kali berpindah tempat dengan mengontrak rumah di Perumahan Bekasi Timur Regensi (BTR).

“Alhamdulillah generasi pertama santri telah berhasil, di antaranya ada yang hingga jenjang strata satu (sarjana) secara mandiri dan bekerja. Mereka kita harapkan menjadi penerus dan membimbing adik-adik mereka yang masih ada di Ponpes ini,” ungkap Ustadz Syarief.

Sementara, Lurah Cimuning Omad Sandra Saputra, SE, mengapresiasi adanya pesantren di Kampung Cimuning, Kota Bekasi, berbatas dengan Kabupaten Bekasi, menjadi keberkahan pada warga kampung ini.

“Terus terang saya baru tahu ada Ponpes Al Marhamah di sini, begitu mendapat undangan saya sangat apresiasi untuk hadir. Ternyata para penggerak Ponpes ini adalah rekan rekan lama saya semua,” ungkap Lurah Omad.

Sejak tahun 2017 pindah tugas dari Staf Kelurahan Cimuning ke Pemkot Bekasi, jumlah penduduknya 30 ribu jiwa.

Suasana Silaturahim Ramadhan 1444 H buka puasa bersama santri, anak yatim piatu, dan masyarakat, di Masjid Khulafa Rasyidin, Kompleks Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Al Quran Al Marhamah, Jalan Darussalam No. 1, Kelurahan Cimuning, Mustikajaya, Kota Bekasi, Ahad 16 April 2023. [Posbekasi.com /Kiriman Dwi Widiono]

“Sekarang daftar pemilih untuk Pemilu 2024 nanti sudah mencapai 30 ribu
Sama dengan jumlah penduduk 2017, artinya jumlah penduduk Cimuning saat ini di atas 40 ribu jiwa,” terangnya.

Keberadaan Ponpes di Kampung ini lanjut Lurah Omad, diharapkan ada perubahan yang lebih baik karena setiap hari dibacakan Al Qur’an.

“Yang setiap hari dibacakan Al Qur’an dari Masjid ini oleh santri, Subhanallah suatu keberkahan bagi kampung ini,” kata Lurah Omad seraya mengajak warga terus menjaga kampung ini dengan nilai-nilai keislaman.

“Harapannya, kampung ini menjadi lebih baik. Karena kampung ini sudah menjadi kota, walau tinggal di kampung tapi pola berpikir warga juga semakin maju termasuk keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ucap Lurah Omad mengakhiri kehadirannya di Ponpes Al Marhamah, kemudian melanjutkan menghadiri acara buka puasa bersama Karang Taruna di Kantor Kelurahan Cimuning.

Acara buka puasa bersama juga dihadiri para Ketua RT dan RW serta warga sekitar Ponpes Al Marhamah diisi tausyiah oleh Ketua Yayasan Al Marhamah, Ustadz H. Mohamad Subchansyah, ST,

Sebelum menyampaikan tausyiahnya, Ustadz Subchansyah menyambut baik kehadiran Lurah Omad. Bahkan ia menyebut kebaikan Lurah Omad selama bergaul jauh sebelum menjabat Lurah. Lurah Omad dikenal sangat ringan tangan membantu warga di lingkungan Cimuning.

“Seperti dijanjikan Allah, siapa yang menanam kebaikan maka ia akan memetik hasil yang baik pula,” ungkap Ustadz Subchansyah kepada Lurah Omad berkat kebaikannya selama ini ia menjadi pemimpin di Cimuning.

Sementara, Ustadz Subchansyah menyampaikan tausyiah terkait bulan Ramadhan merupakan bulan pengampunan.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Al Quran Al Marhamah Ustadz H. Mohammad. Subchansyah, menyampaikan tausyiah dan doa pada Silaturahim Ramadhan 1444 H buka puasa bersama santri, anak yatim piatu, dan masyarakat, di Masjid Khulafa Rasyidin, Kompleks Ponpes Al Marhamah, Jalan Darussalam No. 1, Kelurahan Cimuning, Mustikajaya, Kota Bekasi, Ahad 16 April 2023. [Posbekasi.com /Aneera]

“Ramadhan bulan mulai, buka pengampunan, orang orang yang mendapat ampunan dosa,” kata Ustadz Subchansyah.

Maka kata Ustadz Subchansyah, jalankan lah bulan penuh keberkahan ini dengan memperbanyak amal ibadah.

“Siapa yang memperbaiki ibadah dan amalan amalannya di bulan Ramadhan ini maka dialah yang beruntung dan mendapatkan ridho Allah SWT,” ujar Ustadz.

Mengakhiri tausyiahnya, Ustadz Subchansyah memimpin doa sekaligus doa buka puasa, dilanjutkan shalat magrib berjamaah.

Adapun berbuka puasa dengan panganan dan ta’jil berupa nasi kebuli, kurma, es buah, air mineral, minuman kemasan, risol dan gorengan merupakan sedekah dari muhsinin di antaranya, Mohamad Subchansyah, Dwi Widiono, Andi Zainal, Edi Kusnandar, Sunardi, Aris Yuliarto, Agus Mulyana, Najmi Arif, Sopan MS, Aneera Hasibuan, Panca, Heru S, M Tahrir, Taufik, Sairin, dan jamaah Al Marhamah lainnya.

Mengakhiri acara silaturahmi ini, donatur Al Marhamah, Ustadz Rizal yang turut hadir bersama keluarga memberikan bingkisan Lebaran Idul Fitri untuk para santri.

Sebelumnya, Ustadz Rizal juga sedang membangun ruang belajar dan kamar santri tambahan di Ponpes Al Marhamah.[NEE]

BEKASI TOP