posbekasi.com

250 PPL Sasar Kesehatan Hewan Kurban

Seorang petugas (Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) sedang memeriksa kesehatan seekor kambing domba untuk kurban, Rabu 14 Juni 2023. [Posbekasi.com /PPL Karawang]

posBEKASI.com | KARAWANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah lapak penjualan hewan kurban guna mengecek kesehatan hewan kurban dari sapi maupun kambing menjelang Idul Adha 2023.

Kepala Bidang Peternakan pada DPKP Kabupaten Karawang, Handoko, menuturkan pelaksanaan pengecekan kesehatan hewan kurban dilakukan per hari tanggal 13 sampai 28 Juni 2023.

“Untuk sasaran pengecekan kesehatan ini kita lebih ke penjual hewan kurban, yang akan di lakukan serentak di  30 Kecamatan di Kabupaten Karawang oleh 250 (Petugas Penyuluh Lapangan (PPL),” kata Handoko, Rabu 14 Juni 2023.

Setelah diperiksa, lanjut dia, untuk hewan kurban yang lulus pengecekan kesehatan diberikan kalung berlogo sehat.

“Hewan yang sudah dicek Kesehatannya dan dinyatakan sehat, kita kasih kalung sehat sebagai tanda, itu kalung khusus dari DPKP Karawang,” katanya.

“Dari semua lapak yang sudah kita tinjau rata-rata memiliki hewan kurban yang sehat, hanya saja ada beberapa hewan yang usianya belum menginjak usia yang sesuai syariat Islam. Maka dari itu dari beberapa hewan itu belum bisa dikalungi tanda sehat, hal itu kembali lagi kepada si penjual dan si pembeli,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada penjual hewan kurban agar mengarantina hewan kurban yang didatangkan dari luar Karawang. Sehingga harus lebih selektif memilih hewan kurban.

“Lebih teliti, pastikan hewan kurban sehat dan tidak cacat. Jika menemukan hewan cacat atau hewan mengalami tanda-tanda penyakit, segera lapor ke PPL atau langsung ke kami,” ujarnya. [din]

BEKASI TOP