posbekasi.com

Fadil Imran Kabaharkam Polri, Karyoto Kapolda Metro Jaya dan Akhmad Wiyagus Kapolda Jabar

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran. [Posbekasi.com /Dokumentasi]

POSBEKASI.com | JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali merotasi dan mutasi belasan jenderal dan ratusan Pamen dalam empat surat telegram yang dikeluarkan, Senin 27 Maret 2023.

Nama paling tersohor dan sudah diduga akan mendapat promosi menjadi bintang tiga yakni, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran diangkat menjadi Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Arief Sulistyanto yang dimutasi menjadi Pati dalam rangka memasuki masa pensiun.

Sementara posisi Kapolda Metro Jaya akan diisi Irjen Karyoto yang kini menjabat sebagai Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sedangkan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo dimutasi menjadi Sahli Sosbud Kapolri. Kursi Wakapolda Metro Jaya akan diisi oleh Brigjen Suyudi Ario Seto.

Mutasi dan rotasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri, Nomor: ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27/3/2023 yang ditandatangani Komjen Gatot Eddy Pramono. Total ada 473 personel yang dimutasi.

Banyak yang belum mengetahui sosok Karyoto yang diangkat menjadi Kapolda Metro Kaya. Pria kelahiran Pemalang, Jawa Tengah pada Oktober 1968 ini adalah lulusan Akademi Kepolisian pada 1990. Ia pernah menjabat sebagai Wakapolda Yogyakarta menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK sejak Selasa, 14 April 2020.

Karyoto berpengalaman di bidang reserse. Ia pernah bertugas sebagai Kapolres Ketapang, Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Kepala Kepolisian Resor Kota Barelang, dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Yogyakarta.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana.[Posbekasi.com /Dokumentasi]

Kapolda Jabar

Sementara, Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana dimutasi menjadi Baintelkam Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktur Polri.

Kursi yang ditinggalkan Suntana digantikan Irjen Akhmad Wiyagus yang saat ini menjabat Kapolda Lampung.

Selanjutnya, posisi Kapolda Lampung akan diisi Irjen Helmy Santika yang saat ini sebagai Kapolda Gorontalo.

Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Angesta Romano Yoyol menempati posisi Kapolda Gorontalo.

Kapolda Kalimantan Barat Irjen Suryanbodo Asmoro dimutasi menjadi Pati dalam rangka pensiun. Posisi Suryanbodo diisi Brigjen Pipit Rismanto yang saat ini posisinya sebagai Dirtiper Bareskrim Polri.

Untuk Pamen, Kombes Aswin Sipayung yang saat ini menjabat Kaporestabes Bandung dimutasi ke penyidik tindak pidana utama Bareskrim Polri.

Posisi Sipayung digantikan Kombes Budi Sartono yang kini menjabat Kapolres Metro Jakarta Timur.

Posisi yang ditinggalkan Budi diisi Kombes Leonardus Harapantua Simarmata yang saat ini menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Labfor Bareskrim Polri.[ISH/ZUL]

BEKASI TOP