posbekasi.com

Tiga Juta Penduduk Kabupaten Bekasi Hanya Punya 46 Puskesmas, PSC 119 jadi Andalan Jemput Bola Pelayanan Kesehatan

Asda I Setda Kabupaten Bekasi, dr. Sri Enny Mainiarti. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Asisten Pemerintah dan Kesra (Asda) I Setda Kabupaten Bekasi, dr. Sri Enny Mainiarti, meminta seluruh jajaran Dinas Kesehatan memaksimalkan Public Safety Center (PSC) 119 untuk jemput bola memberikan pelayanan kesehatan sampai ke tingkat desa.

“Walaupun Dinas Kesehatan masih banyak kekurangan tenaga kesehatan dan fasilitas mobil ambulance, sebagai abdi negara pelayan masyarakat harus dimaksimalkan. Sehingga semua harus bisa jemput bola bantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan sampai ke pelosok kampung,” kata Enny di Kantor Bupati Bekasi, Kamis 16 Februari 2023.

Enny mengatakan jumlah Puskesmas di Kabupaten Bekasi masih kurang, saat ini baru ada 46 unit, sedangkan idealnya 100 Puskesmas dengan perbandingan jumlah penduduk Kabupaten Bekasi sekitar 3 juta jiwa.

“Saya berharap PSC bisa ada di setiap kecamatan berdampingan dengan Puskesmas, sehingga bisa saling back up untuk kebutuhan pelayanan Ambulance secara responsif bantu masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya, secara pemetaan kondisi riil pelayanan kesehatan terbilang cukup dekat dengan masyarakat, selain ada Puskesmas juga ada Klinik dan Rumah Sakit yang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dan bahkan terbilang cukup mudah masyarakat mendatanginya.

“Yang diperlukan reaksi cepat tanggap saja, sehingga masyarakat yang benar-benar membutuhkan dengan cepat bisa dibawa ke pusat pelayanan kesehatan terdekat,” pungkasnya.[YLA]

BEKASI TOP