posbekasi.com

Tahun 2023 GLN Gareulis Jabar Diharapkan Handal Ciptakan Produk Literasi

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang juga Ketua Dewan Pembina GLN Gareulis Jawa Barat, HM Syahrir, SE, M.IPol, pada Festival dan Penganugerahan Literasi GLN Gareulis Provinsi Jawa Barat, di Gedung Youth Centre Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu 6 Agustus 2022. [Posbekasi.com /Dokumentasi]

POSBEKASI.com | BANDUNG – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Syahrir, SE, M.IPol, mengungkapkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Provinsi Jawa Barat diharapkan handal menciptakan produk-produk literasi hingga meningkatkan minat baca satu orang tiga buku bisa tercapai di tahun 2023.

Ia menilai, tahun 2022 masih kurang banyak bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Jawa Barat. Namun, Syahrir mengapresiasi adanya Festival GLN Gareulis Jabar yang diharapakan dapat menggeliat penggiat gerakan mulai dari guru, keluarga, masyarakat, dan siswa menulis dan berliterasi mewujudkan Jawa Barat Juara.

“Kita dorong Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) literasi untuk semua kabupaten dan kota se-Jawa Barat, dengan harapan literasi se-Jawa Barat dapat lebih maju dan minat baca anak didik lebih meningkat dari keberhasilan yang kita capai 2022 bisa ditingkatkan tahun 2023,” ungkap Syahrir yang merupakan Ketua Dewan Pembina GLN Gareulis Jawa Barat, dalam keterangannya, Ahad 25 Desember 2022.

Syahrir mengapresiasi kerja keras GLN Gareulis sangat bagus untuk tahun pertama 2022 ini. Tetapi harus terus ditingkatkan karena dinilai anggota Komisi I DPRD Jabar ini belum sebanding dengan jumlah penduduk Jabar.

“Kita berikan apresiasi sesuai keberhasilannya di tingkat masing-masing. Namun masih dirasa kurang, dibandingkan dengan jumlah penduduk Jabar yang mencapai 50 jiwa. Kekurangan yang ada saat ini bisa dicapai dengan target satu orang membaca tiga buku,” terang Syahrir.

Lebih lanjut Syahrir menilai minat baca masyarakat di Jawa Barat masih kurang. Hal itu, dapat di lihat dari kunjungan masyarakat ke-perpusatakaan yang terbilang masih kurang, sehingga diperlukan peningkatan dan pengembangan literasi melalui dinas terkait.

“Diharapakan dinas terkait berkolaborasi dengan penggiat literasi untuk lebih mendorong dan mencapai literasi lebih maju, handal dan dapat menciptakan potensi-potensi atau produk-produk literasi yang cukup bagus,” tuturnya. Adikarya Parlemen

BEKASI TOP