posbekasi.com

Qatar 2022: Piala Dunia yang Luar Biasa, Bertaburan Drama dan Kejutan

Lionel Messi mengangkat trofi juara Piala Dunia 2022 (Foto: FIFA)

POSBEKASI.com | Ini akan selalu menjadi Piala Dunia FIFA yang tiada duanya.

Pertama kali diselenggarakan di Timur Tengah, pertama kali dimainkan pada bulan November dan Desember, dan pertama kali, berdasarkan ukurannya, diselenggarakan di wilayah geografis yang sangat kecil, Qatar 2022 menawarkan sentuhan baru pada pesta sepak bola yang berusia tua dan sangat dicintai ini.

Meski berbagai hal baru menawarkan banyak peluang – misalnya, prospek untuk menghadiri beberapa pertandingan Piala Dunia dalam satu hari – risikonya jelas dan tidak dapat disangkal.

Gianni Infantino mengakuinya awal pekan ini, ketika dia menjelaskan mengenai adanya kekhawatiran sebelum turnamen digelar “tentang adanya begitu banyak penggemar dari banyak negara, pada waktu yang sama, di tempat yang sama”.

“Di Piala Dunia normal, Anda memiliki penggemar dari dua negara di satu kota, tidak lebih,” tambah Presiden FIFA. “Di sini, Anda memiliki 32 negara plus semua penggemar lain dari dunia yang datang untuk menikmati Piala Dunia bersama di tempat yang sama.”

Mengingat negara tersebut memiliki populasi kurang dari 2,9 juta dan semua stadionnya berada dalam radius 35 mil (sekitar 56 kilometer), pertanyaan muncul tentang bagaimana Qatar dan infrastrukturnya akan mengatasi invasi massal semacam itu. Pertanyaannya lainnya, bagaimana performa di lapangan akan dipengaruhi oleh turnamen yang berlangsung ketika sebagian besar pemain memasuki separuh musim liga domestik, dengan waktu persiapan yang minim sebagai konsekuensi tak terhindarkan.

Tentu saja, satu per satu keraguan itu tersapu oleh gelombang pasang sepak bola yang fantastis, organisasi yang sempurna, serta atmosfer bersahabat dan penuh semangat di jalanan dan di stadion.

Jurgen Klinsmann pekan ini menggambarkannya sebagai “Piala Dunia yang diselenggarakan dengan sempurna”, sementara Infantino tidak sendirian ketika menyatakan bahwa Qatar 2022 sebagai, sangat jelas, “yang terbaik yang pernah ada”.

Tentu saja, deskripsi yang sama makin disematkan pada pemain bintang turnamen ini. Lionel Messi sudah menjadi penantang utama untuk status pemain terhebat sepanjang masa atau GOAT, tetapi klaimnya atas label itu semakin diperkuat oleh bulan yang sangat luar biasa di Qatar.

Di Piala Dunia dengan jumlah gol terbanyak sepanjang masa, gol dari kapten Argentina ini yang paling menentukan arah gelar. Bahkan, rival terberat Argentina pun tidak bisa mendendam kepada pemain yang menakjubkan ini, momen yang pantas dia dapatkan dengan trofi yang telah lama dia dambakan lebih dari gelar juara lainnya.

Statistik Qatar 2022

Gol: 172 (rekor baru)
Jumlah audiens di stadion: 3,4 juta penonton
Pengunjung Fan Festival: 1,8 juta orang
Sukarelawan: 20.000 dari 150 negara yang berbeda (dipilih dari rekor aplikasi 420.000)

Penerima Medali
Juara: Argentina
Runner-up: Prancis
Peringkat Ketiga: Kroasia

Penerima Penghargaan
adidas Bola Emas: Lionel Messi (ARG)
adidas Sepatu Emas: Kylian Mbappe (FRA)
adidas Sarung Tangan Emas: Emiliano Martinez (ARG)
Pemain Muda Terbaik: Enzo Fernandez (ARG).

Tim-tim yang Menonjol
Argentina

Dari lelucon dunia hingga juara paling berharga, La Albiceleste menikmati perjalanan yang menakjubkan. Dan, sama seperti ketika tidak ada yang meramalkan kekalahan Argentina dari Arab Saudi dalam pertandingan pembuka, hanya sedikit yang bisa membayangkan mereka akan pulih untuk mencapai impian panjang mereka dengan cara mengesankan sekaligus dramatis.

Adapun pemain andalan mereka, apa lagi yang bisa dikatakan? Messi adalah sosok yang sangat dicintai jauh di luar perbatasan Argentina. Orang-orang netral di seluruh dunia terpikat dan terbawa untuk memberikan dukungan kepada Argentina oleh pengejaran luar biasa dari pesulap kecil itu dalam meraih kejayaan di Piala Dunia.

Maroko

Butuh upaya 88 tahun bagi tim Afrika untuk mencapai semifinal Piala Dunia. Maroko adalah perintis dari benua asal mereka. Setelah menenggelamkan Belgia di babak penyisihan grup, Yassine Bounou, Achraf Hakimi, Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri dkk menyingkirkan Spanyol di babak 16 besar dan Portugal di perempat final.

Atlas Lions juga memberikan Prancis perlawanan ketat di empat besar sebelum kalah dalam laga sengit sejak awal sampai akhir dengan skor 2-1 dari Kroasia, dalam pertarungan memperebutkan medali perunggu.

Kroasia

Ini harus digolongkan sebagai salah satu pencapaian terbesar dalam sejarah Piala Dunia. Satu negara yang dihuni oleh kurang dari empat juta orang, berhasil menempati posisi kedua dan ketiga pada dua edisi berturut-turut.

Zlatko Dalic kehilangan beberapa komponen kunci timnya dari tahun 2018, seperti Danijel Subasic, Ivan Rakitic, dan Mario Mandzukic, tetapi bintang-bintang baru muncul dalam diri Dominik Livakovic dan Josko Gvardiol untuk melengkapi talenta hebat Luka Modric. Sorotan yang menakjubkan bagi Kroasia adalah ketika menyingkirkan favorit turnamen Brasil dalam perjalanan mereka finis di tempat ketiga.

Jepang

Akankah juara empat kali Jerman atau raksasa abad ke-21 Spanyol menjuarai Grup E? Jepang mengolok-olok pertanyaan yang muncul di publik, yang memandang mereka sebelah mata, dengan menaklukkan kedua raksasa itu untuk finis di puncak.

Mereka juga menjadi tim ketiga dalam sejarah Piala Dunia, dan pertama sejak Jerman Barat pada tahun 1970, yang memenangkan dua pertandingan terpisah di mana mereka tertinggal pada babak pertama. (fifa)

BEKASI TOP