posbekasi.com

Anies Baswedan dan Air Wudhu Tanah Minang

Bakal calon Presiden NasDem Anies Baswedan bersilaturahmi dengan semua ninik-mamak dan bundo kanduang dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Ahad 4 Desember 2022. [Posbekasi.com /ABW]

POSBEKASI.com | Kami bersyukur sekali bisa tiba di Ranah Minang, merasakan kembali segarnya air wudhu dari Tanah Minang ini.

Sebuah tanah yang telah mengirimkan begitu banyak pejuang untuk republik. Sebuah tempat yang bundo kanduangnya melahirkan dan membesarkan pejuang untuk negeri ini, yang Insya Allah akan kita pertahankan sama-sama ke depan.

Saya merasa bersyukur bisa kembali, karena masa kecil saya dihabiskan dengan melahap biografi para tokoh yg kami baca dan tanpa kita sadari tokoh tersebut berasal dari Minang. Mulai Agus Salim, Natsir, dan Bung Hatta. Setiap kali kembali ke Tanah Minang, bukan hanya kembali ke sebuah provinsi di RI, tapi kembali ke tempat di mana memori masa kecil tentang perjuangan ditorehkan.

Sebuah kehormatan bisa bersilaturahmi dengan semua ninik-mamak dan bundo kanduang dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM).

Kami mendapatkan titipan yang tidak kami duga, saat kami hampir menuntaskan tugas di Jakarta. Kita ingin mewujudkan bersama apa yang ditulis pendiri republik, yakni menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Itu yang harus dikembalikan dan menjadi prioritas kita semua. Insya Allah ini bisa kita ikhtiarkan sama-sama.

Bila ikhtiar ini mendapat dorongan yang kuat dari Tanah Minang, maka efeknya akan menjangkau begitu banyak tempat di seluruh Indonesia. Karena masyarakat Minang yang merantau di mana-mana, ikut merajut tenun Indonesia, membuat Indonesia makin erat. [Anies Baswedan]

BEKASI TOP