Bekasi Online

Atalia Praratya: Galeri Dekranasda Tonjolkan Produk Kerajinan dan Unggulan UMKM Daerah

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar Atalia Praratya saat meresmikan Galeri Dekranasda Kota Bekasi di Komplek Kantor Wali Kota Bekasi, Jumat 16 September 2022. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | BEKASI – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar, Atalia Praratya, berharap keberadaan Galeri Dekranasda dapat menjadi wadah untuk memperluas pasar produk-produk kerajinan terutama produk unggulan UMKM yang menonjolkan nilai-nilai daerah.

“Dekranasda Kota Bekasi memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif, menjadi elemen penggerak industri kerajinan, serta sekaligus berperan sebagai mitra pemerintah dalam membina juga mengembangkan kerajinan khas lokal yang semakin bermutu dan berkualitas serta mampu bersaing dengan produk lain,” kata Atalia saat meresmikan pembukaan Sentra UMKM dan Galeri Dekranasda Kota Bekasi di Gedung Sepuluh Lantai, Komplek Kantor Wali Kota Bekasi, Jumat 16 September 2022.

Senada dengan Atalia, Ketua Dekranasda Kota Bekasi Wiwiek Hargono, mengatakan Dekranasda memiliki peran penting dalam menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kerajinan dalam rangka mengembangkan identitas budaya, serta memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil, perajin dan seniman.

“Dengan demikian para perajin akan semakin terpacu untuk berkreatifitas, sehingga di satu sisi kesejahteraan pelaku IKM/UKM meningkat dan di sisi lain warisan budaya yang mencirikan Kota Bekasi akan tetap lestari. Galeri ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Kota Bekasi maupun diluar Kota Bekasi,” ungkap Wiwiek.

Lebih lanjut Wiwiek menyampaikan ini  membuat IKM/UKM untuk terus berpikir cerdas dan mencari peluang pasar yang disesuaikan dengan kondisi yang ada. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pemasaran serta penjualan dengan menggunakan platform digital.

“Tentunya ini mendorong para pelaku IKM/UKM dalam berfikir cerdas, berkeatifitas dan memacu menghasilkan produk dalam memanfaatkan peluang pasar. Mendorong para pelaku UKM juga melakukan pemasaran melalui teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Wiwiek.[ISH]

BEKASI TOP