Bekasi Online

MTQ Babelan Tingkatkan Pengetahuan, Pemahaman dan Penghayatan Al-Qur’an

Jajaran Muspika Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi menghadiri Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-4 tingkat Kecamatan Babelan, di kantor Kecamatan Babelan, Senin 20 Juni 2022. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | BABELAN – Camat Babelan, Rudi Khoirudin membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-4 Tingkat Kecamatan Babelan diikuti 49 qori-qoriah dari tujuh desa dan dua kelurahan, Senin 20 Juni 2022.

“Terimaksih kepada seluruh panitia atas kerja kerasnya menyelenggarakan lomba MTQ ini dengan baik, sehingga bisa lancar dan tidak ada halangan. Saya juga mengapresiasi kepada seluruh Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Babelan yang telah membaur bersama-sama serta membawa kafilah desanya masing-masing untuk mengikuti kegiatan lomba MTQ ini,” kata Rudi.

Rudi mengatakan, peserta yang mengikuti MTQ Kecamatan Babelan harus asli dari Kecamatan Babelan dan tidak boleh dari luar.

“Yang tampil dan yang mengikuti MTQ ini, asli orang Babelan, nantinya kita bina sehingga bisa mewakili Kecamatan Babelan ke tingkat Kabupaten Bekasi lanjut tingkat Provinsi Jawa Barat yang sekarang diadakan di Kabupaten Sumedang serta ketingkat Nasional,” katanya.

Hadir dalam pembukaan MTQ, para Muspika Kecamatan Babelan, Plt Kepala KUA Kecamatan Babelan, Kepala Puskesmas Kecamatan Babelan serta Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Babelan.

Ketua pelaksana MTQ Kecamatan Babelan, Beny Yusnandar yang juga Sekretaris Camat (Sekcam) Babelan, menyampaikan tujuan dilaksanakannya MTQ ini untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan penghayatan serta penyebarluasan Al-Qur’an, sehingga menjadikan Al-Qur’an sebagai spirit pembangunan nasional berdasarkan pendekatan agama.

“MTQ ke-4 Tingkat Kecamatan Babelan ini untuk menyeleksi peserta yang nantinya akan diikutsertakan pada MTQ tingkat Kabupaten Bekasi,” katanya.

Dikatakannya, 49 qori-qoriah pada MTQ Kecamatan Babelan tersebut akan mengikuti enam cabang perlombaan.

“Di antaranya cabang tahfidz dan tilawati putra satu juz, tahfidz dan tilawah putri satu juz, tahfidz dan tilawah putra lima juz, tahfidz dan tilawati putri lima juz, tilawati anak putra serta tilawati anak putri,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan perlombaan ini hanya dilaksanakan satu hari dan akan langsung ditentukan pemenang oleh juri.

“Ya, nanti langsung diumumkan pada hari ini juga, nanti siapa yang akan menjadi juara lomba MTQ ditingkat Kecamatan Babelan tersebut,” ungkapnya.

Beny berharap MTQ ini bukan hanya dijadikan ajang satu momen saja, tetapi semua masyarakat bisa melihat MTQ ini sebagai syiar untuk mengingkatkan serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.[GHA]

BEKASI TOP