Bekasi Online

Sahabat POTADS Bekasi Arahkan Orang Tua Pola Asuh Tepat Anak Down Syndrome

Sahabat Persatuan Orangtua Anak Down Syndrome (POTADS) Wilayah Bekasi megggelar Halal Bi Halal (HBH) dan silaturrahmi antar orang tua dan anak-anak disabilitas penyandang down syndrome, di Pondok Melati, Kota Bekasi, Ahad 5 Juni 2002. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | PONDOKMELATI – Sahabat Persatuan Orangtua Anak Down Syndrome (POTADS) Wilayah Bekasi menggelar Halal Bi Halal (HBH) dan silaturrahmi antar orang tua dan anak-anak disabilitas penyandang down syndrome diprakarsai Ibu dari Pratiwi, 3 tahun, di kediamannya Pondok Melati, Kota Bekasi, Ahad 5 Juni 2002.

Menghadirkan narasumber Spesialis Fisioterapi, Psikologi dan Pendidikan, Nixon, Amd.FT, S.Psi, M.Pd, dan Asmanah dari Yayasan Mandiri Autisma Indonesia, dengan materi “Pola Asuh Tepat Untuk Anak Down Syndrome (ADS,)” disambut antusias peserta yang hadir.

Ulasan tentang Motorik gerakan menyilang tubuh untuk ADS, motorik penguatan panggul ini untuk yang sudah bisa berjalan, dan selanjutnya latihan berjalan minimum 30 menit sehari.

Nixon menyampaikan dalam pola kesehatan ADS harus memperhatikan asupan air minum per 30 menit minimal satu teguk.

Kemudian, jika sedang sakit asupan air minum per 15 menit minimal satu teguk.
Selanjutnya makanan berserat, dan setiap pagi satu sendok madu dilarutkan dalam air jika ada habatussauda,”

Materi yang dimulai pukul 10.00 itu diselingi dengan pertanyaan dari para peserta. Ada pertanyaan menggelitik dari peserta dan memang sangat penting pertanyaannya,  “Bagaimana menjelaskan tentang pendidikan seks pada ADS?”.

Menjawab pertanyaan tersebut, Nixon mengatakan pada ADS juga ada rasa ingin melepaskan libidonya, biasanya mereka menggesekkan kemaluannya di bantal tidur.

“Sebenarnya mereka tidak berfikir untuk berhubungan badan atau seks, seperti orang normal pada umumnya mereka merasa ibarat bisul kepingin di pecahkan atau di keluarkan, jika sudah pecah merasa plong” jelasnya.

“Sebagai orang tua bagaimana menyikapinya?”.

Menurut Nixon, “Bawalah mereka untuk jalan-jalan, bermain beraktivitas sehingga bisa berkonsentrasi pada hal lain,” ungkapnya.

Ismi Wulandari Pengurus Potads Wilayah Bekasi menyatakan, “MasyaAllah antusias Sahabat Potads Wilayah Bekasi semua sangat luar biasa yang hadir, dan diisi dengan materi yang sangat membantu buat tumbuh kembang ADS yang sangat berpengalaman dengan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). penyampaianya juga mudah dimengerti,” kata Ismi.

“Semoga dari sini kita semua sama-sama belajar cara pola asuh yang tepat untuk ADS,” pungkas Ismi.

Acara ditutup dengan ramah tamah, dan anak-anak bergembira menari dengan lagu Baby Shark serta pementasan tarian daerah oleh Kakak Rei dan karoke oleh Kakak Dika, yang semuanya ADS ini dibawah naungan POTADS Wilayah Bekasi.[ANE]

BEKASI TOP