Bekasi Online

AMI: Langkah Tepat Plt Wali Kota Bekasi Mutasi Pejabat Isi Kekosongan OTT KPK

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto. [Posbekasi.com /Dokumentasi]

POSBEKASI.com | BEKASI – Ketua Umum Angkatan Muda Indonesia (AMI) Kota Bekasi, Alkatiri Tama Samudra, menyatakan untuk mencegah dan mereformasi birokasi perlu adanya perubahan di Pemerintahan Kota Bekasi dengan langkah mutasi di semua lini jabatan khususnya yang menyangkut ramah publik.

“Mutasi yang direkomendasikan menjadi hak mutlak dari Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto untuk memudahkan kinerja yang sesuai dengan visi dan misi Kota Patriot,” kata Alkatiri kepada posbekasi.com, Ahad 15 Mei 2022.

Lebih lanjut Alkatiri mengatakan pembenahan guna percepatan untuk memaksimalkan kinerja birokrasi yang telah menjadi borok setelah kasus yang terungkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Borok ini harus di sembuhkan bukan diamputasi, agar roda pemerintahan terbukti integritasinya,” tambahnya.

Menurut Alkatiri, dalam aturan prosedur mutasi yang telah dilakukan secara alur sudah benar.

“Sederhananya gini, logika sederhana berpikir, Kementerian Dalam Negeri itu bukan orang-orang yg tidak sekolah. Jika adanya Pengajuan dari sebuah Daerah pastinya ada syarat dan pertimbangan. Kita di acc Mendagri, apakah rekomendasi Mendagri ilegal? Mendagri gak mungkin tidak tahu adanya tragedi OTT KPK yang menjerat Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan beberapa pejabat teras Pemkot,” terangnya.

Akibat operasi tangkap tangan (OTT) KPK kata Alkatiri, Pastinya posisi jabatan yang ditinggalkan pejabat yang ditangkap anti rusuah otomatis kosong.

“Atas nama pelayanan publik, dan kepentingan masyarakat luas, maka rekomendasi rotasi jabatan itu disetujui demi kelancaran pelayanan publik Pemkot Bekasi,” pungkasnya.

Terkait mutasi rotasi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang disebut ilegal. Surat mutasi telah diterbitkan oleh Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri yang memberikan ijin mutasi jabatan di Pemkot Bekasi sebanyak 72 pejabat eslon II, III dan IV, tertanggal 9 Mei 2022.[SFN]

BEKASI TOP