Walkot : Kesehatan Tanggung Jawab Lintas Sektoral

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi
membuka pertemuan lintas sektor bidang kesehatan, Senin (18/11/2019)). [POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | BEKASI – Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi membuka pertemuan lintas sektor bidang kesehatan tingkat Kota Bekasi tahun 2019, Senin (18/11/2019)).

Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Hj. Reny Hendrawati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, Direktur RSUD Dr. Chasbullah Abdulmadjid para Kepala OPD lintas sektor, Camat dan Lurah serta para Kepala Puskesmas, dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan kesehatan dan mengevaluasi kegiatan pelayanan kesehatan yang sudah berjalan pada lintas sektor bidang kesehatan.

Wali Kota Bekasi mengungkapkan, ada banyak hal yang dapat diperoleh dalam kegiatan ini untuk perbaikan pelayanan kesehatan.

“Pertemuan ini penting agar kita semua bisa melihat sampai dimana sudah kualitas pelayanan kesehatan yang diterima masyarakat,’’ bebernya.

Pelayanan kesehatan, menurutnya, bukan hanya proses pengobatan yang diberikan kepada masyarakat saat berada di Puskesmas atau rumah sakit, namun jauh sebelu itu yakni, bagaimana cara pencegahan penyakit dan menerapkan pola hidup sehat bagi masyarakat.

Belum lagi lanjutnya, jika menemukan kasus khusus kesehatan yang harus ditangani dengan baik dan secara bersama serta sejak dini.

“Kerjasama lintas sektor harus menjadi keutamaan, seperti dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” bebernya.

Semua kerjasama lintas sektor ini, lanjut dirinya, merupakan kerjasama Kepala Puskesmas dengan Muspika dan lurah di wilayah kerja masing-masing merupakan keniscayaan untuk sama-sama bersinergi meningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Tanggungjawab masalah kesehatan bukan mutlak menjadi tanggungjawab petugas kesehatan, tetapi di dalamnya ada peran besar pemangku wilayah baik Camat dan lurah serta unsur Muspika lainnya dalam rangka mendorong terciptanya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, dan ini merupakan tanggungjawab bersama,” papar Wali Kota.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan sesuai dengan perencanaan strategis bidang kesehatan merupakan prasyarat utama dan terpenting dalam menjalankan pembangunan.

“Sehingga sangat penting usaha dalam meningkatkan dan mempertahankan kesehatan untuk mewujudkan SDM yang berkualitas dalam menjalankan roda pembangunan kesehatan di Kota Bekasi,” ujarnya.[ISH]

Pin It

Comments are closed.