posbekasi.com

Personel Polda Metro Dilarang Mudik, 24 Jam Siaga Cegah Kejahatan

 

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. [Posbekasi.com /Ismail]
POSBEKASI.com | JAKARTA – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyatakan jajarannya akan bersiaga selama 24 jam di sejumlah tempat pemberangkatan mudik Lebaran, salah satunya di stasiun. Hal itu dikatakan Fadil saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi meninjau pelaksanaan mudik Lebaran 2022 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu 27 April 2022.

Penjagaan yang dilakukan jajaran Polda Metro Jaya bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang kerap terjadi kepada para penumpang, seperti suntik bius hingga pencopetan.

“Kami sudah menyiagakan 24 jam anggota agar kejahatan-kejahatan seperti misalnya bius, copet, jambret dan sebagainya kita bisa minimalisir,” kata IrjenPol Fadil kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Rabu (27/4/2022).

Selain menyiagakan anggota selama 24 jam, IrjenPol Fadil juga menyebut pihaknya turut berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk memasang kamera CCTV di beberapa akses pintu masuk.

“Sehingga semua perilaku-perilaku yang berniat untuk melakukan kejahatan dapat diatasi melalui monitoring yang ada di posko,” tukas Kapolda Metro.

Sebelumnya, Kahumas Daop 1 KAI Jakarta, Eva Chairunisa menyatakan Stasiun Pasar Senen memberangkatkan 17.400 penumpang lima hari jelang Lebaran.

“Terdapat 28 KA yang beroperasi, 2 KA diantaranya merupakan tambahan. Volume penumpang yang berangkat sebanyak 17.400 atau 85 persen dari total tempat duduk yang tersedia,” ujar Eva Chairunisa dalam keterangannya, Rabu (27/4/2022).

Eva melanjutkan, pemesanan tiket kereta api jarak jauh untuk pemberangkatan sebelum Lebaran pada periode 22 April sampai 1 Mei 2022 mencapai 86 persen dari 362.200 tiket yang disediakan

Polisi Dilarang Mudik

Sementara, Personel Polda Metro Jaya dilarang mudik Hari Raya Idul Fitri 2022. Hal tersebut disebabkan polisi perlu mengamankan mudik sampai dengan 9 Mei 2022.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengungkapkan, polisi sebagai aparat keamanan diwajibkan mengamankan jalannya proses mudik masyarakat.

Khususnya dalam menjaga keamanan serta ketertiban selama arus mudik.

“Kegiatan ini kita semua, pengamanan semua. Saya juga nanti tidak mudik, ada di sini,” kata Zulpan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

“Mulai sekarang ini sudah mulai mudik sampai nanti mereka kembali. Polisi ini kan menggelar operasi sampai 9 Mei, Operasi Ketupat,” ujar Zulpan.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat menjaga betul barang berharga yang ditinggalkan.

Adapun warga yang akan menggelar mudik bisa menitipkan rumahnya ke RT maupun RW setempat.

“Makanya saya bilang masyarakat kalau meninggalkan rumah, tidak ada yang menunggu katakanlah keluarga atau siapa. Jangan lupa titipkan rumahnya ke RT maupun RW setempat. Dari kepolisian nantinya juga memantau melalui tim patroli perintis presisi, termasuk Babinkamtibmas,” katanya.[COK/ZUL]

BEKASI TOP