Posbekasi.com

Kapolda Metro Perintahkan Seluruh Kapolsek Mendata Pemudik

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran saat memberikan arahan pada jajarannya di Gedung Candi Bentar Putri Duyung Ancol Jakarta Utara, Jumat (21/5/2021). [Posbekasi.com /Zulkarnain]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad  Fadil Imran mengumpulkan jajarannya dari tingkat Kapolres, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas di Wilayah Jakarta, serta para pejabat utama Jajaran Polda Metro Jaya untuk menguatkan sekaligus menyamakan persepsi dalam cara bertindak menangani kasus Covid-19 pada saat pemudik balik ke Jakarta.

“Kapolsek-Kapolsek, saya perintahkan untuk mendatakan arus balik pemudik di stasiun dan terminal yang terdapat di wilayahnya. Dan bagi para pemudik yang datang ke Jakarta baik dari stasiun maupun terminal harus dites swab antigen,” tegas Fadil Imran saat memberikan arahan pada jajarannya di Gedung Candi Bentar Putri Duyung Ancol Jakarta Utara, Jumat (21/5/2021).

Kapolda memerintahka seluruh jajarannya memprioritaskan agar tidak ada lagi penambahan kasus Covid-19 di Ibu Kota.

“Saya perintahkan para Kapolres, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas wajib hafal dan tahu setiap perkembangan kasus aktif virus Covid-19 di wilayahnya masing-masing,” pinta Irjen Pol Fadil Imran menambahkan.

Dikatakannya, sampai saat ini kasus aktif positif Covid-19 bagi pemudik sebanyak 276 orang. Puncaknya arus balik diperkirakan pada tanggal 21 sampai 31 Mei 2021. Polda Metro Jaya masih melakukan penyekatan bagi pemudik yang datang ke Jakarta.

Selanjutnya dalam pendataan angka kasus Covid-19 yang terbaik yaitu dengan memperkuat komunitas dengan cara 3T dan rekayasa sosial. Bila data hasil menunjukkan kenaikan angka Covid-19 maka akan dilakukan micro lockdown dan optimalkan KTJ Kampung Tangguh Jaya.

Mekanisme penempelan stiker di rumah bagi pemudik dengan warna kuning (kondisi pemudik pada saat belum kembali), warna putih (bagi pemudik yang isolasi mandiri), warna hijau (bagi pemudik yang non reaktif) dan warna merah (bagi pemudik yang reaktif).

Polda Metro Jaya melalui Polsek-Polsek juga memberikan layanan swab antigen gratis. Persediaan alat tes swab antigen yang disediakan Polda Metro Jaya sebanyak 38.850.

“Secara keselurahan testing Covid-19 bagi warga arus balik mudik Lebaran harus lebih ditingkatkan Kapolsek jajarannya, agar turun langsung ke lapangan guna memastikan menjaring kasus positif Covid 19 arus balik mudik Lebaran. Pesan saya agar KTJ Kampung Tangguh Jaya di optimalkan sebaik-baiknya,” kata mantan Kapolda Jawa Timur tersebut.[ZUL]

BEKASI TOP