Bekasi Online

SIM Presisi Tak Semudah Dibayangkan, Pemohon SIM Keliling Bekasi Kecewa

Mobil SIM Keliling di Bekasi Cyber Park Kota Bekasi, Kamis (20/5/2021). [Posbekasi.com /SFN]

POSBEKASI.COM | BEKASI – Tidak sedikit warga yang meluangkan  waktunya khusus untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) datang pukul 08:00 harus pulang dengan kecewa karena tak bisa perpanjang masa berlaku SIM lantaran waktu yang diberikan begitu sempit dan nomor antrian yang terbatas.

Anehnya, pengambilan nomor antrian diserahkan kepada pihak security tempat lokasi mobil SIM keliling beroperasi. Sedangkan nomor antrian hanya sebatas untuk 80 pemohon SIM.

Halnya pantauan langsung Posbekasi.com di lokasi mobil  SIM keliling di lobby Bekasi Cyber Park (BCP) Kota Bekasi, Kamis (20/5/2021) pagi, banyak calon pemohon perpanjang SIM pulang dengan kecewa karena tidak mendapat nomor antrian.

KLIK: Kodim 0604 Karawang Uji Coba Aplikasi Halo Babinsa

Salah seorang anggota Security BCP, Liber Ferdinan yang membagikan formulir untuk pemohon yang telah mendapat nomor antrian mengatakan ia hanya membagikan formulir bagi pemohon yang sudah mendapat nomor antrian.

“Nomor antrian dibuka sejak pukul 06:00, sekarang sudah habis nomor antrian. Ini formulir dibagikan untuk diisi kepada pemohon  yang sudah  mendapat nomor antrian,” kata Liber kepada Posbekasi.com di lokasi mobil SIM keliling BCP, Kamis (20/5/2021).

“Ambil nomor antrian pagi pak, jam 6 sama security. Sekarang sudah habis,” katanya ketika ditanya apakah masih ada nomor antrian bagi pemohon yang datang pukul 08:00.

“Ini masih pas jam 08:00,” timpal salah seorang pemohon yang ingin memperpanjang SIM A dan C meminta nomor antrian namun gagal karena nomor antrian sudah habis sejak subuh.

“Sudah habis pak, sama di Mega Hypermart dan Mal Metropolitan juga pengambilan nomor antrian jam 06:00 sama security,” jelas Liber.

Jadwal SIM Keliling Kota Bekasi. [Sosmed NTMC]

Sementara, seorang pemohon perpanjangan SIM C dari Harapan Jaya datang jam 06:00 mendapat nomor antrian nomor 47. “Saya sampai jam 06:00 di sini dapat nomor antrian 47, setelah dapat nomor saya balik ke rumah, baru balik lagi kemari,” katanya.

Sebelumnya, pemohon dari Pondok Kopi datang jam 05:30 dapat antrian nomor 37. “Saya kemari habis subuh, sampai sini jam 05:30, dapat antrian nomor 37,” kata pria yang ingin memperpanjang SIM C.

Sepengetauan Liber Ferdinand, untuk pengambilan nomor antrian SIM di mobil keliling tidak jauh beda dengan di BCP.

Malah kata Liber, di Mega Bekasi Hypermart pengambilan nomor antrian justru sore hari sehari sebelum jadwal SIM keliling pada hari Selasa. “Ngambil nomornya Senin sore sudah bisa, Selasa perpanjangan SIM keliling di Giant (Mega Bekasi Hypermart),” ungkapnya.

KLIK: Calo Tersingkir, SIM Online Siap 1 Menit

Sedangkan pengambilan nomor antrian di Metropolitan Mall (MM) Bekasi yang beroperasi setiap hari Rabu justru sudah mendaftar pada Senin malam sekitar pukul 22:00.

“Di MM (Metropolitan Mall) daftar selasa jam 10  malam pengambilan nomor antrian pagi jam 06:00,” ungkapnya.

Sementara, dari laman media wwwm.ntmcpolri.info yang kerap diupload akun Sosmed NTMC di media sosial Facebook menayangkan jadwal mobil SIM keliling dengan waktu pukul 08:00 – 10:00 seperti di bawah ini;

Hal ini banyak calon pemohon perpanjang SIM tidak tahu kalau untuk pengambilan nomor antrian harus subuh hari ke security lokasi SIM keliling. Sehingga puluhan calon pemohon perpanjang SIM yang datang pukul 08:00 harus menelan kekecewaan.

“Untungnya SIM saya sampai minggu depan masa berlakunya. Kalau hari ini habis masa berlakunya kan repot dan nyusahin harus bikin baru,” ungkap seorang pria calon pemohon perpanjanan SIM kecewa karena tidak mendapat nomor antrian di BCP pagi tadi.
Ia mengaku telah meminta izin dari kantornya untuk telat masuk karena mau memperpanjang SIM C nya, namun gagal karena tidak dapat nomor antrian.

Aplikasi Sinar Persisi. [Tangkapan Layar]

SIM Presisi

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah meluncurkan aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) yang berlaku Nasional, pada Senin 12 April 2021, sepertinya belum menjawab kepuasan publik untuk memperpanjang dan membuat SIM lewat handphone berbasis Android dan iOS.

Tak sedikit masyarakat yang mencoba perpanjang SIM melalui aplikasi Sinar namun gagal hingga mereka berupaya mendatangi SIM keliling yang dianggap efektif waktu dan bisa memilih tempat.

Awak media Posbekasi.com, Kamis (20/5/2021), yang gagal memperpanjang SIM A dan C di SIM Keliling BCP Bekasi karena tidak mendapat nomor antrian, mencoba untuk melakukan perpanjanan melalui aplikasi Sinar Persisi

Verifikasi Identitas Aplikasi Sinar. [Tangkapan Layar]

Setelah melakukan verifikasi dengan memasukan nama, nomor handphone, NIK, dan alamat email. Kemudian mengikuti instruksi atau panduan pengambilan foto wajah pada aplikasi Sinar dengan berbagai gerakkan seperti, mengedip ngedipkan mata, mengangguk anggukkan kepala, menggoyangkan kepala, membuka mulut, dengan waktu 10 detik gagal dilakukan.

Setelah dicoba berulang kali hingga satu jam tetap gagal dan dilayar tertera silang merah. Hingga berita ini diturunkan, aplikasi Sinar Persisi masih belum berhasil di coba awak media Posbekasi.com.[SFN]

BEKASI TOP