posbekasi.com

Anies Baswedan Kunjungi Seniman Celah Celah Langit Bandung

Anies Baswedan, Celah Celah Langit, Ledeng Bandung, Central Culture Ledeng, Seniman Bandung, Iman Soleh, Sawung Jabo, Maestro Bandung

POSBEKASI.com | Beberapa hari yang lalu mampir ke Bandung sebentar, berkunjung ke rumah seniman Iman Soleh di Ledeng, sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Jakarta.

Iman Soleh adalah inspirasi. Beliau tidak saja menguasai aspek teknis seni, tapi menjaga dan mengembangkan sebuah ekosistem tumbuhnya seni.

Mengunjungi Kang Iman dan keluarga adalah seperti menyelami lautan gagasan yang kaya dengan nuansa keindahan dan nuansa keberpihakan pada si lemah.

Saya dikenalkan dengan Kang Iman oleh sastrawan Taufiq Ismail sekitar tahun 2007-2008. Beliau bilang, dia adalah pembaca puisi terbaik. Dan memang, saat Kang Iman baca puisi benar-benar memesona!

Keluarga Kang Iman adalah keluarga seniman yang kesehariannya menyatu dengan masyarakat sekitar sebuah komunitas seni bernama Celah Celah Langit.

Seniman Sawung Jabo dulu memberi nama Celah-celah Langit, karena tempat ini memang berada di tengah-tengah kampung padat penduduk, sehingga warga sekitar hanya bisa melihat langit dari celah-celah atap rumah yang saling berimpit. Tapi kemudian, CCL kerap dipelesetkan jadi Central Culture Ledeng, sebuah pusat kebudayaan yang berlokasi di wilayah Ledeng, Bandung.

CCL menjadi wadah atau kantong kebudayaan bagi masyarakat sekitar untuk berkesenian dan berekspresi secara bebas.

Saat bertugas di Kemendikbud, kami membuat program Belajar Bersama Maestro dan salah satu Maestro yang dititipi pelajar SMA/SMK utk nyantrik (belajar & tinggal) adalah Kang Iman dan CCL-nya.

Setiap kali mampir ke CCL selalu pulang dengan pembelajaran, dengan kenangan, dan rasa hormat pada semua yang menjaga kehidupan seni sebagai satu ekosistem. Anies Baswedan

BEKASI TOP