Bekasi Online

Reses di Bojongsari, Anggota DPRD Jabar Sari Sundari Tampilkan Istri Bupati Bandung Terpilih Sebagai Narasumber

 

Anggota DPRD Jawa Barat Hj. Sari Sundari dan istri Bupati Bandung terpilih Hj. Emma Dety Supriatna sebagai narasumber saat Reses II Tahun Sidang 2020-2021, di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (2/3/2021). [Posbekasi.com /Istimewa]
POSBEKASI.COM | BANDUNG – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKS, Hj. Sari Sundari, S.Sos, menggelar

Reses II Tahun Sidang 2020-2021, tampilkan istri Bupati Bandung terpilih Hj. Emma Dety Supriatna, sebagai narasumber saat menggelar Reses II Tahun Sidang 2020-2021, di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (2/3/2021).

Dalam paparannya di hadapan para pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Emma mengatakan masih banyak Bumdes yang hanya nama lembaganya saja ada, namun tidak tampak kegiatannya.

“Untuk itu, Bumdes diharapkan dapat membantu penanggulangan sampah dengan pengolahan sampah di desa, sehingga dapat menjadi pemasukan untuk kas desanya, bisa dengan membentuk bank sampah atau bekerjasama dengan bank sampah yang sudah ada di desanya,” kata Emma.

Ia mengungkapkan bank sampah sebenarnya sudah ada di Kecamatan Bojongsoang, tapi belem optimal dalam operasionalnya. “Maka Bumdes lah yang seharusnya lebih kreatif untuk melakukan produktivitas mengelola sampah,” serunya.

Langkah pertama untuk menggerakan Bumdes, menurutnya dengan mencari para pelaku yang cinta desanya dan berkeinginan memajukan desa. Kemudian mencari beragam potensi di desanya untuk ditingkatkan.

Emma mengatakan pengelolaan Bumdes jangan terpaku hanya para pelaku UMKM. Terlebih dalam pembentukan bank sampah menurutnya tidak perlu mengeluarkan modal.

“Justru sampah itulah yang bisa dijadikan modal awalnya. Bak sampah merupakan sebuah proyek agar masyarakat lebih mencintai kebersihan lingkungannya,” ujar Emma.

Menurut Emma yang juga mantan Kades Tegalluar, Bojongsoang ini, Pemkab Bandung pun nantinya akan membantu kebutuhan dasar bagi para Bumdes yang siap untuk membantu penanggulangan sampah di desanya.

“Dengan gerakan bersama warga desa, Bumdes, bank sampah, diharapkan permasalahan sampah di Kabupaten Bandung dapat teratasi,” katanya.[REL]

BEKASI TOP