Dirlantas Polda Metro Jaya Pantau Arus Lalulintas Libur Panjang di Tol Cikunir

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo (kiri) saat memberi keterangan pers di Gerbang Tol Cikunir 2, Kota Bekasi, Jumat (30/10/2020).[POSBEKASI.COM/Salisun]

POSBEKASI.COM | BEKASI – Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan meningkatnya kesadaran masyarakat berlalu lintas seiring dengan turunnya angka kecelakaan selama Operasi Zebra Jaya 2020.

“Ternyata di titik-titik kamera yang ada E-TLE terbukti bahwa tingkat disiplin masyarakat meningkat. Jadi masyarakat Indonesia khususnya daerah DKI Jakarta memang mereka disiplin dan takut melakukan pelanggaran,” kata Sambodo kepada wartawan di sela-sela pantauan arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikunir 2, Kota Bekasi, Jumat (30/10/2020).

Penurunan pelanggaran itu terlihat dari statistik yang ada di lokasi kamera E-TLE. ‘Titik-titik yang ada kameranya terbukti dari statistik menunjukkan bahwa di titik yang ada kameranya memang terjadi penurunan angka pelanggaran yang di-capture oleh kamera,” katanya.

Angka Kecelakaan

Polda Metro Jaya melakukan Operasi Zebra Jaya 2020 yang dimulai 26 Oktober hingga 8 November 2020 terus memantau arus lalu lintas terutama pada libur panjang cuti bersama saat ini.

“Angka kecelakaan (selama libur panjang) alhamdulillah turun. Untuk nantinya angkanya kita sampaikan karena kita masih menunggu laporan angka dari anggota di lapangan,” kata Sambodo.

Menurutnya, selama liburan Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat melakukan koordinasi. Berbagai skenario dan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas juga dilakukan.

“Untuk arus balik libur panjang ini diperkirakan sudah mulai ada peningkatan hari Sabtu dan Minggu. Kita akan berjaga dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau apakah peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama,” ungkap Sambodo.[SUN/COK]

Pin It

Comments are closed.