Bekasi Online

Pendampingan Daerah Induk untuk Calon Otonomi Baru Sangat Penting

Komisi I DPRD Jabar diskusi Calon Pemekaran Daerah Otonomi Baru dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis, Selasa (1/9/2020).[POSBEKASI.COM/IST]
POSBEKASI.COM | CIAMIS – Pendampingan Daerah Induk kepada Calon Pemekaran Daerah Otonomi Baru (CPDOB) sangat penting agar dapat melakukan percepatan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah pemekaran.

Pendampingan itu diantaranya secara finansial melalui APBD juga bimbingan melalui penempatan pegawai sehingga wilayah induk dan wilayah pemekaran tetap sehat.

“Dari diskusi ini kita dapatkan bahwa keikhlasan daerah induk untuk melepaskan daerah baru ini disertai dengan pendampingan secara finansial juga bimbingan melalui penempatan pegawai di sana. Ini gambaran yang harus menjadi catatan penting bagi calon-calon daerah otonom baru”, ujar Sekretaris Komisi I DPRD Jawa Barat, Sadar Muslihat saat diskusi Calon Pemekaran Daerah Otonomi Baru (CPDOB) dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis, Selasa (1/9/2020).

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Ika Darmaiswara mengatakan dua wilayah pemekaran dari Kabupaten Ciamis yakni Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Beberapa Fasilitasi yang dilakukan Pemkab Ciamis diantaranya fasilitasi peresmian dan pelantikan pertama  penjabat bupati, fasilitasi pelimpahan  personil, hibah ke DOB hingga fasilitasi penyerahan aset dan dokumen.

“Dari segi sumberdayanya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia, kemudian dari segi personal serta aset sehingga ke depan diharapkan dari pemekaran ini tidak ada yang melemah tapi kedua wilayah satu sama lain harus sama-sama berdiri tega,” tutur Ika.[POB]

BEKASI TOP