MUI Gagas Cetak Al-Quran Bernuansa Batik Bekasi

Sekretaris Umum MUI Kabupaten Bekasi, KH. Muhiddin Kamal, SQ..[POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | CIKARANG – Sebagai upaya mengangkat kearifan lokal, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bekasi menggagas pencetakan Al-Quran dengan cover bernuansa  batik khas Bekasi.

Sekretaris Umum MUI Kabupaten Bekasi, KH. Muhiddin Kamal, SQ mengatakan, tujuan pencetakan tersebut karena selama ini Al-Quran yang dicetak di Indonesia masih sedikit yang mengangkat kearifan lokal.

“Seperti Al Quran di Kudus, ada menara kudusnya, di Kalimantan ada yang bernuansa kembang istana. Di Bekasi kita pakai yang bernuansa batik khas Bekasi,”  ujarnya saat ditemui di Kantor MUI, Kompleks Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Kamis (2/7/2020).

KH. Muhiddin Kamal menyampaikan, pihaknya sudah memanggil pegiat batik Bekasi, Sri Sugiarti untuk berkonsultasi terkait corak batik yang akan digunakan.

“Yang penting corak batik yang akan dipakai nanti masih dalam kaidah untuk menghormati Al Quran, ornamennya akan kita pilih, misalnya tidak ada gambar manusia atau binatangnya,” ucapnya.

Ia juga menuturkan, untuk desain cover Al Quran bernuansa batik bekasi tersebut rencananya akan dibuat sayembara sehingga bisa didapat desain terbaik yang memenuhi kriteria yang ditentukan para juri.

“Sejauh ini MUI sudah menyampaikan rencana ini kepada Bupati Bekasi, Alhamdulillah Pak Bupati respons. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kemenag, Baznas, LPTQ dan Kesra,” tuturnya.

Rencananya pengumuman pemenang sayembara desain cover Al-Quran bernuansa batik bekasi ini dijadwalkan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi, 15 Agustus 2020.[REL/RIK]

Pin It

Comments are closed.