Bekasi Online

BPK Gelar Lomba Karya Jurnalistik Sinergi Pemeriksaan BPK Mengawal Harta Negara

Lomba Karya Jurnalistik

POSBEKASI.COM | BEKASI – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar lomba karya tulis jurnalistik untuk wartawan media cetak dan media online. Lomba ini mengambil tema utama Sinergi Pemeriksaan BPK Mengawal Harta Negara dan menerima tulisan atau berita yang dimuat di media cetak dan media online sejak 1 Oktober 2019 sampai dengan 30 April 2020.

Tema utama dibagi menjadi beberapa tema khusus yang berkaitan dengan tugas pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Tema khusus tersebut adalah tentang pemeriksaan BPK untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals); opini WTP versus korupsi; pentingnya tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK; BPK dan wewenang penghitungan kerugian negara; serta accountability for all.

Lomba jurnalistik BPK dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori pemberitaan di media cetak atau media online, dan kategori opini di media cetak atau media online. Peserta yang dapat mengikuti lomba ini adalah wartawan yang bekerja di media cetak atau media online dan merupakan WNI. Selain itu, terdapat syarat bahwa hasil karya merupakan karya orisinil yang keasliannya dapat dipertanggungjawabkan, bukan saduran, bukan terjemahan, non-SARA, dan tidak tergolong advertorial. Batas akhir pengiriman karya adalah pada 30 April 2020.

Hadiah untuk pemenang lomba pada masing-masing kategori adalah Rp10 juta untuk juara I, Rp8 juta untuk juara II, dan Rp5 juta untuk juara III. Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK, Selvia Vivi Devianti, mengatakan bahwa lomba jurnalistik ini ditujukan untuk memberikan penghargaan bagi jurnalis yang menyajikan pemberitaan tentang BPK secara objektif, berimbang, dan akurat. Karya jurnalistik ini diharapkan dapat menggambarkan peran dan tugas BPK dalam membangun tujuan bernegara.

Para jurnalis yang berminat mengikuti lomba ini dapat melihat informasi selengkapnya pada http://www.bpk.go.id/news/lomba-karya-tulis-jurnalistik-sinergi-pemeriksaan-bpk-mengawal-harta-negara. Peserta juga dapat mengunduh formulir lembar pernyataan orisinalitas dan membaca latar belakang informasi tema khusus pada link tersebut.

[Biro Humas dan Kerja Sama Internasional]

BEKASI TOP