posbekasi.com

Anggota DPRD Jabar Hadiri Hari Bela Negara di Gasibu Bandung

Anggota Komisi I DPRD Jabar Syahrir dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri Hari Bela Negara ke-71 Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Kamis (19/12/2019).[POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | BEKASI – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Syahrir menghadiri Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-71 Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Kamis (19/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Jabar Ridwan Kamil membacakan pidato tertulis Presiden Joko Widodo dalam amanat presiden bahwa bela negara perlu disesuaikan dengan kondisi kekinian masyarakat sebagai wujud aktualisasi.

Dengan begitu, bela negara bukan hanya alat apabila negara dan bangsa menghadapi ancaman, tapi juga bisa menjadi alat untuk mencapai tujuan nasional bangsa.

“Dalam aktualisasinya, bela negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat secara umum, serta dilandasi sinergi semua pemangku kepentingan, sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan besar pula,” ujar Emil menirukan amanat Presiden Joko Widodo.

Bela Negara bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun aktual, namun juga menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa,” tambahnya.

Dalam amanatnya, presiden juga menekankan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan nilai dasar bela negara, adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang memiliki tujuan melahirkan pembangunan manusia yang paripurna.

Menurut presiden, manusia paripurna tidak hanya memiliki kapasitas dan keterampilan yang tinggi, namun manusia paripurna adalah makhluk Tuhan yang bisa mensyukuri berkah kebhinekaan, mampu bekerja sama, dan siap menghadapi persaingan global yang kompetitif..[POB]

BEKASI TOP