Menkumham Resmikan Kantor Imigrasi Kota Bekasi Termegah di Indonesia

Menkumham Yasonna Laoly, Wali Kota Bekasi Rahmat Efffendi, Sekejn Menkumham, Sekda Jabar, Kepala Kantor Imigrasi Kota Bekasi, dan Wakil Walikota Bekasi Tri Adhiyanto, meresmikan Kantor Imigrasi Kota Bekasi di Kelurahan Teluk Pucung, Rabu (10/7/2019).[IST]

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Menkumham Yasonna Laoly didampingi Wali Kota Bekasi Rahmat Efffendi meresmian Kantor Imigrasi Kelas II Kota Bekasi non TPI, Jawa Barat, Rabu (10/7/2019).

Hadir pada acara peresmian Sekjen Kemenkumham, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Sekretaris Daerah Jawa Barat, Dandim 0507/BKS, Kepala Kantor Imigrasi Kota Bekasi, beserta para pimpinan OPD Kota Bekasi.

Kantor Imigrasi yang berdiri di atas lahan 5020 m2 yang dibangun dengan dana APBD Kota Bekasi sebesar Rp31,8 milyar, berada di Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi Utara.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Pemko Bekasi, terutama sangat berterimakasih atas dukungan Pak Wali. Tentunya ini melalui proses yang sangat panjang, tetapi dengan adanya pemikiran think out of the box dari Pak Wali maka gedung baru ini bisa terwujud,” kata Yasona dalam sambutannya.

Yasona juga menceritakan terkait proses panjang berdirinya Kantor Imigrasi tersebut.”Pak Wali saat itu meminta izin untuk memecahkan permasalahan sama seperti yang telah dilaporkan kepada Kepala Dirjen Imigrasi yakni mengenai permasalahan yang ada. Jika ditafsir tanah yang akan dibangun untuk kantor tersebut kepemilikannya dari Kementrian, namun dari proses pembangunannya menggunakan ABD Pemkot Bekasi dan timbul permasalahan di Peraturan Menteri Dalam Negeri No.13 yakni mengenai tata kelola keuangan.

Maka, Pemkot Bekasi meminta izin dari Dirjen Imigrasi dan Menkumham agar bisa dibuat kesepakatan dengan Mendagri terkait Peremendagri, agar tidak terjadi kekeliruan ke depannya. Dan saat itu Saya selaku Menkumham langsung memberikan jawaban terkait komunikasi dengan Mendagri, akan langsung di buatkan surat dan langsung komunikasi agar proses tersebut berjalan lancar dan pembangunan kantor tersebut bisa dimulai,” terangnya.

Tak lupa Ia juga berpesan agar Kantor Imigrasi bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Bekasi.

“Wajib memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Bekasi, karena ini semua bisa terwujud berkat pajak dari masyarakat Kota Bekasi. Ini harus dijaga baik-baik, gedung yang bagus dan ini bisa dibilang termegah yang ada di Indonesia,” tegasnya.

Sementara, Wali Kota Bekasi Rahmat Efendi menyampaikan bahwa Menkumham sekarang sangat berpikiran ‘think out of the box’ sesuai role model.

“Hari ini tidak hanya gedung yang baru tapi pelayanan yang prima, saya berterima kasih atas partisipasi Imigrasi dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sepanjang hal itu dilakukan dengan niat ikhlas dan dijalankan sesuai ketentuan, Insya Allah akan berjalan maksimal,” ujarnya.[ISH/POB]

Pin It