posbekasi.com

Bea Cukai Bandara Soetta Tangkap WN Nigeria Seludupkan Sabu Diresapkan Dalam Pakaian

Bea Cukai Bandara Soetta gagalkan penyeludupan narkoba.[IST]
POSBEKASI.COM | TANGERANG – Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, gagalkan penyeludupan 8.078 gram narkoba jenis sabu dengan modus baru yakni diresapi ke pakaian oleh WN Nigeria berinisial SMN.

SMN menumpang maskapai Qatar Airline dari Doha-Jakarta ditangkap, Jumat 4 Januari 2019, di Terminal 2D.

“Berdasarkan analisis image X-ray atas tas yang dibawa SMN, petugas mendapati barang berupa handuk, kaus dalam, kaus polo, dan kemeja plastic,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang, Jumat 18 Januari 2019.

Menurutnya, barang haram tersebut dibungkus dalam plastik bening seolah baru. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, ternyata barang-barang itu dalam kondisi kaku.

“Saat diperiksa, kaus, kemeja, dan handuk yang diplastikan itu ternyata kaku, dan warnanya agak kusam kekuning-kuningan. Petugas lalu melakukan uji identifikasi dengan pendeteksi narkoba,” terangnya.

Hasilnya, didapati pakaian tersebut mengandung methamphetamine alias sabu. “Sabu dicairkan dulu, lalu diresapi ke pakaian. Sehingga, seolah-olah, itu baju biasa saja. Padahal, baju itu telah diresapi sabu. Itu mungkin yang agak berbeda dengan penanganan sebelumnya,” ungkapnya.

KLIK : Pasca Tewasnya Pekerja Pengolahan Plastik di Bantar Gebang, PD Laju Mandiri Tak Beroperasi

Kasus penyeludupan narkoba sejak awal tahun ini kata Situmorang,  sudah berhasil menggagalkan lima penyeludupan narkotika, 8.000 daun khat, 254 gram synthetic cannabinoid, dan ketamine sebanyak 19.011 gram.

Dari lima kasus tersebut, dari 8 orang yang diamankan 7 di antaranya laki-laki, dan satu orang lainnya perempuan. Pelaku orang asing berasal dari Thailand.

“Dari lima kasus tersebut, lima di antaranya penyelundupan melalui barang kiriman dengan modus barang kiriman yang diberitahukan secara tidak benar, dengan negara asal Ethiopia dan China,” ujarnya.[MET/POB]

BEKASI TOP