posbekasi.com

Komisi IV DPRD Jabar Monitoring Pembangunan Masjid Al Jabbar Cipeuyeum Cianjur

Sekretaris Komisi IV DPRD Jabar meninjau langsung pembangunan Masjid Al Jabbar Cipeuyeum, Kabupaten Cianjur, Jumat 26 Oktober 2018.[IST]
POSBEKASI.COM | CIANJUR – Sekretaris Komisi IV DPRD Jawa Barat, Nia Purnakania, mengatakan saat ini DPRD bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mengerjakan target pembangunan masjid.

Dari target penyelesaian 20 masjid, saat ini 9 pembangunan telah berlangsung dan telah merampungkan 3 masjid.

“Ini salah satu Masjid Jabar yang sedang dalam proses pembangunan , sesuai keputusan gubernur ada 20 masjid di Jabar,untuk saat ini baru ada 9 yang masih dalam proses pembangunan dan sudah selesai 3 masjid,” ucap Nia disela melakukan monitoring pembangunan Masjid Al Jabbar Cipeuyeum, Kabupaten Cianjur, Jumat 26 Oktober 2018.

Terkait progres pembangunan Masjid Al Jabbar Cipeuyeum, Nia menjelaskan saat ini proses pembangunan tengah memasuki tahap pengerjaan kontruksi. Ia pun menyatakan, untuk tahun 2019 Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menambah anggaran untuk mendorong progres pembangunan masjid tersebut.

KLIK : DPRD Jabar Bahas Potensi Kerjasama Lintas Sektor Dengan Kedutaan Inggris

“Diharapkan pada tahun 2020 mesjid raya yang ada di Cipeyeum ini bisa selesai dan 9 masjid Jabar lainnya yang sedang dalam pembangunan diharapkan selesai di tahun yang sama,” ujar Nia.

Lebih lanjut Nia menyebut, dalam perjalanan pembangunan masjid ini terdapat beberapa hambatan. Salah satu hambatan yang terjadi adalah gagalnya proses lelang yang mengakibatkan proses pengerjaan pembangunan tertunda.

“Hambatan karena adanya beberapa kali gagal lelang padahal di tahun 2017 sudah dianggarkan dan di tahun 2018 sudah 3 kali gagal lelang, sehingga pengerjaannya baru sekarang dan sudah 80 hari yang seharusnya 6 bulan,” katanya.

Sementara itu Kepala Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat Dewiani menjelaskan, pada tahun 2017 telah mengerjakan proses pemagaran lahan dan berlanjut pada tahun 2018 dilakukan pengerjaan pondasi serta pengerjaan struktur dilanjutkan tahun anggaran 2019 dan harus disempurnakan kembali di tahun 2020.

Ia memperkirakan dengan ukuran masjid yang menelan biaya 15 Milyar tersebut dapat menampung jamaah sebanyak 500 jamaah.

“Perkiraan (biaya) pembangunan masjid sekitar 15 Milyar dengan ukuran masjid 20×20 meter, dan dapat memuat jamaah kurang lebih 500 jamaah,” pungkas Dewi.[REL/POB]

BEKASI TOP