Bekasi Online

Tol Bekasi Barat – Semanggi Akan Diberlakukan Ganjil Genap

Gerbang Tol Bekasi Barat.[IST]
POSBEKASI.COM, JAKARTA – Pemberlakukan plat nomor kenderaan ganjil-genap tidak saja di jalan protokol sekitar Jakarta, tetapi mulia diberlakaukan di dalan Tol Jakarta – Bekasi Barat.

Rencananya ganjil-genap akan mulai diberlakaukan akhir bulan Agustus 2017 ini, dengan waktu atau jam 06:00 – 09:00.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono membenarkan adanya rencana penerapan ganjil-genap di Tol Jakarta-Cikampek akan dimulai dari Tol Bekasi Barat hingga keluar Tol Semanggi.

Menurut Bambang, sistem ganjil-genap untuk mengurangi kepadatan arus lalulintas di dalam tol khususnya Tol Jakarta – Cikampek dan sebaliknya yang setiap harinya ada sekitar 40 ribu kendaraan dan diharapkan pemberlakukan sistem baru nanti aka nada pengurangan sekitar 50 persen kemacetan.

“Kita mendorong supaya orang-orang yang menggunakan kendaraan pribadi jadi naik angkutan umum. Sistemnya sama halnya dengan penerapan ganjil-genap yang sudah dilakukan di Semanggi hingga Thamrin,” ucapnya.

Dikatakannya, pemberlakuan sistem ganjil-genap pada jam-jam sibuk pukul 6 sampai pukul 9, hanya boleh (mobil) ganjil atau genap sesuai dengan tanggal kalender.

“Kemacetan pada jalan Tol Jakarta-Cikampek sekarang bertambah disebabkan antara lain adanya pembangunan infrastruktur seperti MRT, LRT, dan Tol Jakarta-Cikampek Elevated. Adanya pembangunan itu membuat sebagian ruas jalan terpakai, kemudian daya tampung jalan berkurang yang menyebabkan kemacetan,” terangnya.

Saat ini BPTJ tengah melakukan sosialisasi dan akan melanjutkan sosialisasi perihal penerapan ganjil-genap di Tol Bekasi Barat hingga Semanggi yang mulai efektif diberlakaukan akhir Agustus 2017. “Permenhubnya untuk pemberlakaukan ganjil-genap dalam tol itu segera terbit,” katanya.[ISH]

BEKASI TOP