Bekasi Online

Pemko Bekasi Laporkan Perusahaan Detergen Cemari Kali Bekasi ke Polda Metro

Kali Bekasi yang diselimuti busa salju.[IST]
Kali Bekasi yang diselimuti busa salju.[IST]
POSBEKASI.COM – Hasil penelusuran yang dilakukan Pemerintah Kot Bekasi atas terjadinya pencemaran Kali Bekasi beberapa waktu ditenggarai dari perusahaan detergen di wilayah Kabupaten Bogor, yang membuang kandungan detergen memiliki zat asam yang bisa mempengaruhi kualitas air.

Hal itu diungkapkan Kadis Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi, dari penelusuran pencemaran Kali Bekasi.

“Setelah ditelusuri, dugaan tercemarnya Kali Bekasi dari perusahaan pencucian. Akibatnya, detergen yang dibuang ke Kali Bekasi sangat besar, hingga menyebabkan buih, dan Kali Bekasi menjadi tercemar,” kata Jumhana, Kamis 30 Maret 2017.

Diungkapkannya, pencemar Kali Bekasi hasil koordinasi Pemko Bekasi dengan Pemerintah Kabupaten  Bogor, dimana diketahui perusahaan detergen tersebut membuang limbahnya hingga mengalir ke Kali Bekasi.

Namun, Pemkab Bogor tidak bisa berbuat apa-apa karena belum memiliki Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) sehingga sulit dalam melakukan pengawasan.

“Kita akan melakukan koordinasi ke Pemprov Jawa Barat untuk segera turun menindaklanjuti pencemaran Kali Bekasi dan kini menunggu keputusan dari Pemprov Jawa Barat,” katanya.

Jika perusahaan itu masih membuang limbah kata Jumhana, pihaknya akan membuat somasi langsung ke pihak perusahaan. “Kasus pembuangan limbah ini sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Langkah somasi akan kami tempuh,” ungkapnya.[ISH]

4.

BEKASI TOP