Bekasi Online

Hujan Dua Hari, Kota Bekasi Bebas Banjir

Pintu air Bendung Bekasi di Jalan Mayor Mad Muin Hasibuan, Kota Bekasi.[HSB]
Pintu air Bendung Bekasi di Jalan Mayor Mad Muin Hasibuan, Kota Bekasi.[HSB]
POSBEKASI.COM – Memasuki Senin 13 Februari dinihari, intensitas hujan di Kota Bekasi masih tinggi tetapi tidak menyebabkan banjir, bahkan genangan air dibeberpa wilayah cenderung  berkurang dibandingkan musim penghujan tahun 2016 lalu.

“Dibandingkan tahun lalu, banjir dan genangan cenderung berkurang,” kata Wakil Satuan Tugas pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kota Bekasi, Karsono, Minggu 12 Februari 2017.

Menurutnya, kawasan perumahan yang kerap menjadi langganan banjir, Pondok Hijau Permai, Taman Narogong di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawa Lumbu. “Tadi pagi sempat ada genangan, hanya 60 sentimeter. Tapi, sekarang sudah surut,” kata Karsono.

Dari pantauan Posbekasi.com dibeberapa wilayah seperti Kelurahan Cimuning dan Pondok Timur Indah di Kelurahan Mustika Sari, Kecamatan Mustika Jaya, tidak ada rendaman banjir.

Begitu pula di kawasan banjir di Jati Asih di Perumahan Dosen IKIP tidak lagi terlihat daerah berdampak banjir.

“Hal ini karena sudah banyaknya saluran yang dilebarkan dan dinormalisasi, sehingga dampak banjir terus berkurang,” ujar Karsono.

Mengenai bantaran Sungai Bekasi yang kerap meluap kiriman dari Bogor juga terlihat normal. ”Kita antisipasi dengan cara buka tutup Bendung Bekasi di Jalan Mayor Mad Muin Hasibuan. Jika ketinggian sudah mencapai 300 sentimeter, pintu satu dan dua akan dibuka. Air segera dibuang ke laut, sehingga tak sampai meluap,”terangnya.[BEN/HSB]

BEKASI TOP