Bekasi Online

Walikota Bekasi MoU SIKP dengan Kanwil Perbendaharaan Jabar

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, menandatangani (MoU) Sistem Informasi Kredit Program, di Gedung Sate Bandung, Jumat 17 Desember 2016.[BEN]
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, menandatangani (MoU) Sistem Informasi Kredit Program, di Gedung Sate Bandung, Jumat 17 Desember 2016.[BEN]
POSBEKASI.COM – Pemerintah Kota Bekasi dan Kantor Wilayah (Kanwil) Perbendaharaan Jawa Barat menandatangani memorandum of understanding (MoU) Sistem Informasi Kredit Program (SKIP), di Gedung Sate Bandung, Jumat 17 Desember 2016.

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, menyatakan perjanjian kerja sama tersebut sangat penting sebab muaranya pada penyajian data dan informasi pengelolaan dana bantuan kredit usaha rakyat (KUR) untuk masyarakat daerah ini.

Selain Kota Bekasi, MoU tersebut diikuti oleh daerah lain yakni Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Subang yang di hadiri oleh plt. Walikota Subang Kabupaten Purwakarta yang di wakilkan oleh Wakil Bupati Purwakarta, Sekda Kota sukabumi, dan Bupati Cianjur.

Kerja sama tersebut difokuskan pada penata usahaan dan pengelolaan KUR, melibatkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait sebagai penyaji data dan informasi dana bantuan tersebut.

Diharapkan, masyarakat lebih mudah mendapatkan pinjaman KUR sehingga optimalisasi pemberdayaan masyarakat akan terwujud.

MoU tersebut akan menghasilkan data yang dapat difasilitasi menjadi kajian dalam merumuskan kebijakan pemerintah daerah.

Kepala Kantor Wilayah Jawa Barat berharap, kerja sama tersebut dapat berkelanjutan minimal satu kali kegiatan dalam setahun, agar optimalisasi pemberdayaan dan peningkatan sektor riil dapat tercapai.

Ini adalah kerja sama antara Kementrian Keuangan RI melalui Ditjen Perbendaharaan Jawa Barat tentang pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan daerah khususnya penata usahaan dan pengelolaan KUR.[BEN]

BEKASI TOP