Bekasi Online

Jelang Pilkada, Polresta Bekasi Bentuk Tim Cyber Patrol

Ilustrasi
Ilustrasi

POSBEKASI.COM – Polresta Bekasibentuk tim Cyber Patroli yang bertujuan untuk mengawasi dan menindak tegas pelaku “hatespeech” (perkataan kebencian) terutama pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017.

“Selain mengawasi dan menindak tegas juga melakukan kontroling di media sosial yang kerap memojokkan seseorang,” kata Kepala Satuan Reskrim Polresta Bekasi Kompol Ardi Rahananto, kemaren.

Dikatakannya, pengontrolan ini dilakukan berdasarkan undang-undang yang berlaku dalam mempidanakan pelaku kejahatan cyber. Pada peranannya tim ini akan melakukan penyaringan (filter) data yang dijalankan oleh program dan digerakkan seorang kontroling server dan selanjutnya dilakukan pengecekan data dan program akan menstimulus pelaku tentang makna tulisan, apakah termasuk memojokkan seseorang atau tidak.

Dalam program Cyber Patrol ini memiliki tugas penting guna menindak pelaku kejahatan di dunia maya. Namun, ini hanya menindak perilaku hatespeech yang berkaitan dengan Pilkada 2017.

“Kejahatan cyber lainnya seperti judi online, transaksi perdagangan wanita penghibur, dan lain sebagainya,” katanya.

Selain itu, “hatespeech” ini adanya di dunia maya ini harus diketahui betul siapa yang membuat dan apakah yang disampaikan memang punya tujuan dan menimbulkan bahasa provokasi atau tidak.

Pada awal mulanya sebelum ada isu munculnya “hatespeech” ini, sudah dilakukan penindakan dengan pemblokiran dan melakukan pelacakan bila dinyatakan menimbulkan sara atau tindak kejahatan.[BEN]

BEKASI TOP