Bekasi Online

Kebangetan Buat e-KTP di Babelan Dipatok Rp300 Ribu

Petugas pembuat e-KTP.[DOK]
Petugas pembuat e-KTP.[DOK]
POSBEKASI.COM – Warga Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, kaget karena untuk membuat Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) harus mengeluarkan biaya tinggi yang dipatok aparat Kecamatan Babelan yang tugas di loket pelayanan.

Seorang warga Fajar,  terpaksa ‘balik kanan’ dan urung membuat KTP karena dimintai Rp300 ribu.

Mahalnya biaya pembuatan KTP di Kecamatan Babelan sebenarnya sudah lama meresahkan warga. Mereka yang punya duit dengan terpaksa memenuhi permintaan pembuatan KTP meski biayanya mahal. Namun yang tak punya duit, tarpaksa membatalkan niatnya.

‘Kalau bikin KTP sampai Rp300 ribu kebangetan banget mahalnya,” ucap Faajar. warga Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan ini.

Selidik punya selidik, di loket pelayanan KTP  banyak karyawan berstatus magang yang memang tidak mendapatkan honor.  Dengan  demikian, mereka mengharapkan adanya pemasukan dengan menembak biaya KTP semahal mungkin.

Sementara menurut salah seorang pegawai di Seksi KTP, mereka juga harus setor ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil saat mengajukan permohonan KTP warga.

Sayangnya, meski mahalnya biaya pembuatan KTP di Kecamatan Babalen cukup dan bahkan sangat mahal, Camat Babelan, Surya Saputra, luput dalam memberikan pengawasan.

Sementara Camat Babelan, Surya Saputra, mengaku akan menindak oknum pegawai yang sudah mematok biaya pembuatan  KTP dengan biaya tinggi tersebut.[KAB/FER]

BEKASI TOP