Bekasi Online

Meski Buat Kemacetan, Dinas Klaim Penanaman Pipa Gas Kondusif

Proyek penanaman pipas gas.[DOK]
Proyek penanaman pipas gas.[DOK]
POSBEKASI.COM – Kadis Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Tri Adhiyanto, meklaim proyek utilitas penanaman pipa gas disepanjang Jalan Ir H Djuanda berjalan kondusif.

“Saya sudah cek ke lokasi dan pengamatan sampai saat ini proyek tersebut masih kondusif,” katanya, kemaren.

Pembangunan instalasi pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) itu tidak merusak jalan, drainase serta trotoar. “Instalasi pipa gas tidak berbenturan dengan pembangunan drainase, trotoar dan bahu jalan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, gundukan tanah bekas galian pipa gas di samping Kantor Wali Kota Bekasi sudah diperbaiki seperti sedia kala.

Sedangkan pengerjaan pipa gas berada di kedalaman lebih dari satu meter, sehingga apabila ada penggalian tanah untuk keperluan pembangunan drainase, tidak akan mengganggu instalasi pipa gas milik PGN.

“Pengerjaan pipa gas mereka lebih dalam dari satu meter sehingga tidak berisiko ada kebocoran saat pembuatan drainase,” katanya.

Proyek tersebut sempat menimbulkan kepadatan lalu lintas di sekitar Stasiun Bekasi, namun telah tertangani dengan baik oleh Polantas setempat.

Upaya antisipasi kemacetan dilakukan dengan menerapkan rekayasa lalu lintas ‘contra flow’ secara insidental ketika arus padat dari arah Bendung Kali Bekasi, Jalan Hasibuan menuju Jalan KH Noer Ali.

Rekayasa arus lalu lintas juga dilakukan dengan cara penutupan sementara di persimpangan Rumah Sakit Bella bagi kendaraan menuju Jalan Djuanda.

“Kita belum tahu sampai kapan pengerjaannya selesai. Pembangunan pipa PGN merupakan proyek nasional ada di Kemeterian Energi Sumber Daya Mineral,” katanya.[ANT/IDH]

BEKASI TOP