posbekasi.com

Sejarah Al Aqsa, Israel Serang Situs Suci Umat Islam

Foto: Burung terbang di depan kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem (AFP via Getty Images/AHMAD GHARABLI)

POSBEKASI.com | Kepolisian Israel kembali menyerang jamaah umat Muslim yang sedang beribadah di Masjid Al-Aqsa, Rabu (5/4/2023) subuh waktu setempat. Dalam kejadian itu, Kepolisian Israel dilaporkan menangkap dan mengamankan lebih dari 350 orang.

Aksi tersebut kembali menuai kecaman dari masyarakat dunia. Sebab, Masjid Al-Aqsa adalah salah situs suci bagi umat Islam yang menyimpan sejarah yang panjang. Terlebih, Masjid Al-Aqsa pernah menjadi arah kiblat pertama bagi umat Islam di seluruh dunia sebelum bergeser ke Mekkah.

Masjid Al-Aqsa adalah salah satu tempat terpenting bagi perjalanan agama Islam. Pada 27 Rajab tahun kesebelas setelah diangkat menjadi Rasul, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra Mi’raj dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa dalam satu malam.

Dalam peristiwa tersebut, Nabi Muhammad SAW juga melakukan perjalanan ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha untuk menerima wahyu dari Allah SWT atas perintah salat lima waktu. Peristiwa Isra Mi’raj ini tercantum dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra ayat 1:

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

Artinya: “Mahasuci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid Al Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Melalui sabdanya, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat muslim untuk menziarahi tiga tempat suci, yakni Masjidil Haram, Masjidil Al-Aqsa, dan Masjid Nabawi.

Mengenai sejarah pembangunan Masjid Al-Aqsa, ada sejumlah pendapat yang berbeda dari para ulama. Ulama Ibnu Katsir, Ath-Thabari, dan Al-Qurthubi menyebutkan bahwa Masjid Al-Aqsa pertama kali dibangun oleh malaikat atas perintah Allah SWT.

Namun, sebagian besar ulama juga meyakini bahwa sosok pertama yang membangun Masjid Al-Aqsa adalah Nabi Adam AS yang dilanjutkan oleh Nabi Ibrahim AS.

Setelah Nabi Ibrahim AS, Nabi Sulaiman AS membangun Masjid Al-Aqsa dengan bangunan yang besar, kuat, dan indah. Namun, Masjid Al-Aqsa yang dibangun Nabi Sulaiman AS roboh setelah 370 tahun akibat diserbu bangsa Babilonia.

Setelah itu, Masjid Al-Aqsa sempat mengalami keruntuhan beberapa kali, salah satunya akibat peristiwa Perang Salib pada 1099 Masehi. Sosok yang memperbaiki kembali Masjid Al-Aqsa adalah Shalahudin Al-Ayubi yang memimpin pasukan Muslim dalam memenangkan Perang Salib. (cnbc)

BEKASI TOP