Bekasi Online

Warga Mustika Grande Dapat Pelatihan Pemadam Kebakaran

POSBEKASI.COM – Warga Perumumahan Mustika Grande RT.003/013, Desa Burangkeng, Setu, Kabupaten Bekasi, mendapat pelatihan pemadaman kebakaran api ringan mengunakan Apar (tabung pemadam api) melibatkan seluruh warga.

Seluruh warga diikut sertakan, termasuk para kaum perempuan dan remaja, kegitan ini dilatih oleh instruktur RT yang sudah berpengalaman diperusahaannya.

Dengan mengunakan alat seperti, 5 tabung apar, 2 drum kosong, 5 goni basah dan lainnya, Ketua RT, M Sodikin.SE mengatakan, pelatihan ini perlu diterapkan menimal 6 bulan sekali.

“Apabila ada kebakaran warga khususnya di RT.003/013 sudah terlatih dan dapat mengkontrol diri supaya tidak panik sehingga dapat mengantipasi dari si jago merah dan dapat menghubungi dinas kebakaran,” kata Sodikin yang ditemui Posbekasi.com, Minggu (15/2/2015).

Dikatakannya, pelatihan pemadam kebakaran ini telah dilaksanakan dua kali yakni pada Januari 2015, karena pada bulan Desember  2014 saja sudah terjadi dua kali kebakaran dilingkungan warga RT 007 dan RT 011.

“Untuk itu, semua warga harus dapat secara dini mengantisipasi meluasnya kebakaran dan tidak panik. Karen jarak rumah semuanya berdempetan, sehingga harus bisa meminalisir kejadian yang tidak berdampak pada hancurnya rumah-rumah seperti peristiwa kebarakan yang lalu,” katanya.

Kegiatan ini medapat respon positif dari Ketua RW 013 Aswin mengatakan,  bisa diterapkan diwilayah RW agar warga masyarakat dapat mengerti bagaimana memadamkan api sehingga seluruh warga RW 013 sudah memiliki pengetauhan.

“Pengetauhan  memadamkan api disekitar kita saat terjadi kebakaran sangat tepat karena perumahan yang berdemoet rentan dengan kebakaran. Kegiatan ini ditindaklajuti  ke pemeritahan tinggat desa agar pelatihan ini terus dikembangkan pada seluruh lingkungan,” kata Aswin.(Idam)

BEKASI TOP