posbekasi.com

Jabar Ekspor Mangga Gedong Gincu ke Jepang

Mangga Gedong Gincu.

posBEKASI.com | BANDUNG –  Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyambut baik jalan ekspor mangga gedong gincu ke Jepang yang semakin terbuka lebar dan digemari. Pemerintah Jepang pada Februari 2024 ini menerbitkan surat mengenai diperbolehkannya komoditas mangga gedong gincu asal Jabar dikirim ke negara matahari terbit tersebut.

Surat itu terbit setelah dilakukan kajian komprehensif, riset, dan uji bebas lalat buah bactrocera occipitalis sebagaimana disyaratkan oleh Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries (MAFF) Jepang bersama Badan Karantina Pertanian (Barantan) RI.

Bey Machmudin menyebut bahwa mangga gedong gincu sebelumnya cukup populer di Jabar dan menjadi komoditas unggulan. Mangga gedong gincu merupakan buah tropis yang mempunyai rasa dan aroma khas.

“Potensinya besar, mudah-mudahan ini membuka buah-buahan lainnya untuk juga jadi komoditas ekspor,” ucap Bey Machmudin pada Focus Group Discusion (FGD) Percepatan Ekspor Mangga Gedong Gincu di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 20 Maret 2024. [amh]

BEKASI TOP