posbekasi.com

Dikeluhkan Aa Gym, Toko Circle K di Gegerkalong Disegel Satpol PP dan Disebut tak Berizin

KH.Abdullah Gymnastiar.[Dokumentasi]

posBEKASI.com | BANDUNG – Toko modern Circle K di Jalan Gegerkalong Girang, Kota Bandung disegel Satpol PP Kota Bandung, Sabtu (2/3/2024) usai dikeluhkan pendakwah KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym. Keberadaan toko dikeluhkan karena beroperasi 24 jam dan menganggu pesantren.

Dikutip dari laman republika.co.id, Kasatpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi membenarkan toko modern Circle K di Jalan Gegerkalong, Kota Bandung disegel sementara oleh petugas. Ia mengatakan penyegelan sementara dilakukan karena keberadaannya menganggu masyarakat sekitar dan tidak memiliki izin usaha.

“Iya (disegel),” ucap dia saat dikonfirmasi, Sabtu (2/3/2024).

Rasdian menuturkan penindakan terhadap toko modern tersebut mengacu kepada Perda Nomor 2 Tahun 2009 tentang Penataan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Selain itu Perda Nomor 9 Tahun 2019 tentang Tibumtranlinmas.

“Melakukan penghentian kegiatan dengan pemasangan stiker segel terhadap kegiatan operasional toko modern Circle K,” kata dia.

Rasdian mengatakan toko modern tersebut tidak memiliki izin usaha. Selain itu, membuat kebisingan yang menganggu masyarakat sekitar.

Pihaknya akan memanggil penanggung jawab Circle K pada Senin tanggal 4 mendatang. Kapolsek Sukasari Kompol Darmawan mengatakan penyegelan yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Bandung karena toko modern tersebut beroperasi 24 jam dan berdampak menganggu kebisingan. Selain itu tidak memiliki izin usaha.

“Untuk sementara disegel sampai memperbaiki izin, kalau sudah satpol membuka sambil memperhatikan aturan, lingkungan dan kearifan lokal di situ,” kata dia.

Sebelumnya, KH Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym mengeluhkan keberadaan minimarket yang tidak jauh bersebelahan dengan Masjid Daarut di Jalan Gegerkalong, Kota Bandung. Ia menganggap aktivitas pengunjung hingga larut malam menganggu dan tidak memberikan contoh.

Ia pun sempat menegur sejumlah pemuda dan pemudi yang masih nongkrong padahal waktu sudah menunjukkan pukul 24.00 WIB untuk segera pulang. Para pemuda dan pemudi yang melihat Aa Gym langsung menunduk malu dan menjawab teguran Aa.

Mereka mengetahui bahwa yang menegur Aa Gym. Namun, mereka tidak lantas membubarkan diri dari minimarket tersebut. Keluhan Aa Gym dibagikannya ke media sosial instagram miliknya. Warganet pun mengomentari keluhan Aa Gym dengan miris sebab pemuda pemudi yang ditegur tidak mengikuti sarannya. (rep)

BEKASI TOP