posbekasi.com

4 Penipu Tukar ATM Beraksi di Jabodetabek Berhasil Dibekuk Korban di Bekasi Utara

Puluhan ATM palsu dan barang bukti lainnya berhasil disita Polsek Bekasi Utara usai keempat pelaku penipuan berhasil dibekuk korban di Bekasi Utara, Kota Bekasi, Selasa 17 Oktober 2023. [Posbekasi.com /Ismail Hasibuan]

posBEKASI.com | BEKASI – Empat pelaku penipuan modus pencurian uang  dari ATM dengan menukar ATM asli milik korbannya dengan ATM palsu berhasil menguras isi tabungan korban dibekuk polisi.

Keempat pelaku, S (46), A (44), AD (56) dan E (39) dengan sangkaan pasal 378 KUH Pidana diamankan berdasarkan laporan polisi Nomor LP/B/204/X/2023/Polsek Bekasi Utara Polrestro Bekasi Kota, tanggal 17 Oktober 2023 dibekuk jajaran Unit Reskrim Polsek Bekasi Utara.

Para pelaku pencurian ATM ini diamankan usai melakukan pencurian atau penipuan uang dari korban Nofrizal (65) warga Bekasi Utara yang terjadi di ATM Alfamidi di Perum Villa Indah Permai Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota  Bekasi, Selasa (17/10/2023) sekitar pukul 07.30 WIB.

“Korban mengalami kerugian dari hasil menguras uang di ATM BJB nya sebesar Rp20 juta,” kata Kapolsek Bekasi Utara Kompol Yuliati siaran persnya diterima redaksi, Senin 23 Oktober 2023.

Menurut Yuliati, berawal kelompok pelaku melakukan aksinya dengan cara pelaku A bertemu dengan korban dan mengaku sebagai Rizky (nama samaran) bekerja sebagai karyawan Petronas dari Brunei yang ingin menjadi donatur untuk tempat ibadah kepada korban.

“Pelaku AD datang menghampiri korban yang sedang mengobrol dengan pelaku S untuk menyakinkan korban dekat dengan pelaku A setelah itu pelaku A dan pelaku AH menyakinkan korban untuk menunjukan isi saldo ATM korban untuk donasi rumah ibadah,” Kata Kapolsek didampingi Kanit Reskrim Iptu Kaliaman Marbun dan Kasi Humas Bripka Hendik.

Setelah korban berhasil percaya kata Kapolsek, kemudian pelaku AD memanggil supirnya yang merupakan temen pelaku bernama E untuk menuju ATM BNI dengan menaiki mobil Honda Mobilio warna silver kemudian sampai di ATM BNI pelaku A memperlihatkan saldo ATM BNI milik pelaku berjumlah Rp900 jt lebih kepada korban sehingga korban percaya bahwa pelaku merupakan donatur.

“Korban percaya kepada pelaku lalu korban mengajak pelaku ke rumah korban untuk mengambil ATM milik korban dan pelaku mengajak korban untuk memperlihatkan saldo ATM korban kepada pelaku A setelah sampai di ATM BJB korban bersama pelaku A masuk kedalam ATM BJB di TKP,” terang Kapolsek.

Saat bersama di dalam ATM, pelaku A melihat pin ATM BJB korban lalu pelaku A menukar kartu ATM milik korban dengan kartu ATM lainnya setelah itu pelaku bilang kepada korban bahwa uang donatur akan masuk ke rekening korban sekitar jam 15.00 WIB.

“Saat Pelaku A dan Korban hendak ditransfer pelaku donasinya, Korban terperdaya sehingga pelaku A mengetahui pin dari ATM BJB korban,” jelas Yuliati.

Lebih lanjut Yuliati mengatakan saat para pelaku akan mengambil uang ATM milik korban di bank BJB kemudian bertemu dengan korban sehingga pelaku diteriaki maling dan tertangkap warga, setelah itu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bekasi Utara.

“Keempat pelaku sudah sering melakukan aksi penipuan kartu ATM di berbagai wilayah seperti : Pondok Kopi, Pondok bambu, Bekasi Utara, Ciledug, Ciputat, Sawangan, Cilengsi, Depok, Serpong, Cijantung, Jonggol dan daerah lainnya,” tambah Kanit Reskrim Iptu Kaliaman Marbun yang berhasil menyita batang bukti puluhan ATM palsu. [cok]

BEKASI TOP