posbekasi.com

Ribuan Kebakaran di Jakarta periode Januari-September 2023

Ilustrasi – Petugas pemadam kebakaran.[Posbekasi.com /Dokumentasi]

posBEKASI.com | JAKARTA – Ribuan peristiwa kebakaran terjadi di DKI Jakarta dalam periode Januari hingga September 2023. Hal tersebut disampaikan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji.

“Rata-rata 90 persen peristiwa kebakaran di Jakarta. Dari ribuan peristiwa kebakaran itu kami hanya menerima 400 laporan kebakaran,” kata Isnawa Adji dalam keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Perbedaan data tersebut, kata Isnawa, dikarenakan BPBD DKI Jakarta tidak mendata kebakaran kecil yang juga diakibatkan oleh korsleting. Selain itu, Isnawa mengaku saat ini dirinya fokus mendata kebakaran yang mengakibatkan korban pengungsi yang membutuhkan bantuan lanjutan.

“Kalau perbedaan data, mungkin kalau ada ‘korsleting’ sedikit (kebakaran kecil) di damkar sudah masuk angka satu. Kalau kami belum kejadian mungkin belum kita data, termasuk juga kalau BPBD kan berdasarkan ada data pengungsian, korban pengungsi,” ujar Isnawa.

Lebih lanjut, Isnawa mengatakan pihaknya akan memeriksa instalasi listrik di 10 kelurahan di DKI Jakarta selama tahun 2020-2023. Salah satunya di Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat (Jakbar).

“Bangunan atau rumah di Jakarta itu banyak yang dibangun tahun 70-80. Dimana masyarakat masih menggunakan kabel-kabel listrik di tahun itu, yang mungkin bebannya juga tidak sebesar untuk penggunaan listrik sekarang,” ucap Isnawa. [rri/ism]

BEKASI TOP