posbekasi.com

BNPB: Sejumlah Wilayah di Pulau Jawa Alami Kekeringan

Distribusi bantuan air bersih pada daerah terdampak kekeringan.[Posbekasi.com /Dokumentasi]

posBEKASI.com | JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bencana kekeringan melanda Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Di Jabar, bencana hidrometeorologi kering melanda 28 kecamatan yang tersebar di 11 kabupaten di Jawa Barat.

Sebanyak 19.464 KK membutuhkan bantuan air bersih. Demikian disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB  Abdul Muhari dalam siaran persnya.

“Total 525.500 liter air bersih telah didistribuskan BPBD kepada masyarakat. Khususnya di wilayah terdampak kekeringan,” kata pria yang akrab disapa Aam ini, Jumat (25/8/2023).

Aam menyebut wilayah terdampak kekeringan antara lain Kabupaten Bogor, Bekasi, Sukabumi, Bandung Barat. Selanjutnya, Garut, Cirebon, Subang, Ciamis, Majalengka, Karawang dan Pangandaran.

“Wilayah kecamatan terbanyak yang mengalami kekeringan di Kabupaten Bogor dengan total 13 kecamatan,” ujarnya. Yakni di Kecamatan Jasinga, Citeureup, Babakan Madang, Jonggol, Rancabung, Ciseeng, Cibungbulang, Sukajaya, Cisarua, Leuwisadeng, Tanjungsari, Cariu dan Tenjo.

Merespons kondisi kekeringan di wilayah, BPBD bekerja sama dengan PDAM melakukan pendistribusian air kepada warga. Di samping itu, BPBD juga berkoordinasi dengan dinas terkait untuk penanganan lahan warga yang terdampak.

Aam juga melaporkan 4 kabupaten di Jawa Tengah mengalami kekeringan, dampak musim kemarau sudah dirasakan sejak Juli 2023. “Keempat kabupaten terdampak kekeringan yaitu Kabupaten Kendal, Klaten, Temanggung dan Sragen,” ujarnya.

Data BPBD Provinsi Jateng menyebutkan 3.320 KK atau 11.027 jiwa terdampak di sejumlah wilayah. Masing-masing BPBD kabupaten telah memberikan bantuan air bersih kepada warga.

Sementara itu di Kabupaten Jember, Jatim, kekurangan suplai air dirasakan warga Desa Pialangan, Kecamatan Kalisat. Sebanyak 247 KK di desa ini terdampak kekeringan dan BPBD telah mendistribusikan air kepada para warga.

Selain itu, 2 tandon untuk menampung bantuan air. BPBD juga mendistribusikan bantuan sabun cair yang berasal dari BNPB. [rri]

BEKASI TOP