posbekasi.com

Cairkan Polusi Udara Ibukota, BPBD DKI Sebar Batu Es

Polusi udara di Jakarta kian memburuk (Foto : RRI/Aditya Prabowo)

posBEKASI.com | JAKARTA – Ada tiga opsi metode yang dapat dilakukan untuk menekan polusi udara di Jakarta. Hal tersebut disampaikan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Isnawa Adji.

“Ada tiga cara yang kami lakukan untuk menekan polusi udara di Jakarta. Mulai dari Teknologi Modifikasi Cuaca, Dry Ice dan spraying (penyemprotan),” kata Isnawa Adji dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023).

Lebih lanjut, Isnawa mengatakan metode TMC bisa dilakukan tidak hanya di atas wilayah DKI Jakarta tetapi dapat dilakukan di wilayah lain. Kemudian, metode Dry Ice dilakukan dengan menyebarkan batu es dari dari udara.

“Metode Dry Ice ini sebenarnya sudah pernah dilakukan oleh Thailand, namun metode ini jarang dilakukan. Metode penyemprotan dilakukan dengan pesawat kecil, drone atau dari atas gedung-gedung tinggi di Jakarta,” ucap Isnawa.

Ketiga metode tersebut, kata Isnawa, merupakan hasil rapat gabungan yang telah dilakukan bersama BNPB. Rapat tersebut telah digelar secara daring pada Selasa (15/8/2023) diikuti oleh BMKG, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Asisten Operasi TNI Angkatan Udara (Assops AU) dan Asisten Operasi (Assops) Panglima TNI.

“Hasil rapat itu memang kendalanya kita lagi musim kemarau, jadi namanya gumpalan awan hujan itu sulit. Tapi di 21 (Agustus) ini menurut BMKG ada potensi sedang, kemungkinan bisa dilakukan TMC,” kata Isnawa. [rri/chn]

BEKASI TOP