posbekasi.com

Kapolda Jabar Copot Jabatan AKP SW Terkait Penerimaan Calon Anggota Polri Anak Tukang Bubur

Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus melakukan pengecekan Pos Pengamanan Rest Area KM 57 Tol Jakarta – Cikampek, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023, Selasa 11 April 2023. [Posbekasi.com /Istimewa]

posBEKASI.com | BANDUNG – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Pol Akhmad Wiyagus, mencopot Wakasat Binmas Polresta Cirebon, AKP SW dari jabatannya terkait kasus dugaan penipuan penerimaan calon anggota Bintara Polri tahun 2021.

“Kapolda menandatangani Surat Telegram No.ST/990/VI/KEP 2023 yang isinya memutasi AKP SW dari Wakasat Binmas Polresta Cirebon menjadi Pama Yanmas Polda Jabar,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo dikutip dalam keterangannya, Selasa 20 Juni 2023.

AKP SW dimutasi untuk mempermudah proses pemeriksaan terkait kasus dugaan penipuan dengan memanfaatkan seleksi penerimaan calon anggota Bintara Polri di Polda Jabar. Peran AKP SW dalam kasus ini yaitu turut membantu  tersangka N atau sebagai perantara.

“Ini merupakan komitmen Polda Jabar dalam mengusut tuntas kasus dugaan penipuan dengan memanfaatkan momentum seleksi penerimaan calon Bintara Polri,” kata Tompo.

Selain dicopot dari jabatannya, AKP SW juga menjalani penempatan khusus (patsus) selama 21 hari serta menjalani sidang kode etik. “Kita juga akan lakukan proses kode etik terhadap yang bersangkutan karena sudah merusak citra Polri, khususnya proses seleksi penerimaan calon anggota Bintara Polri yang selama ini memegang prinsip bersih, transparan, akuntabel, dan harmonis (BETAH),” terangnya.

AKP SW kini tengah menjalani proses pemeriksaan terkait keterlibatan dalam kasus dugaan penipuan dengan modus memanfaatkan proses seleksi penerimaan anggota Bintara Polri. Masih dalam proses penyidikan, terus dikembangkan,” paparnya.

Dikatakannya, kasus dugaan penipuan dengan korban seorang tukang bubur bernama Wahidin asal Desa Kejuden, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, terjadi pada 2021. Korban menyerahkan uang kepada AKP SW dan seorang oknum pensiunan ASN di Jakarta ɓerinisial N sebesar Rp310 juta.

Dengan menyerahkan uang tersebut, kedua pelaku menjanjikan kepada korban bahwa anaknya akan diterima menjadi anggota polisi. ‘’Ini modus penipuan dengan memanfaatkan proses seleksi penerimaan anggota Polri,’’ ujar Tompo.

Tompo menegasikan rekrutmen anggota Polri dilakukan dengan sistem yang sangat ketat. Jika ada oknum yang menjanjikan bisa meloloskan masyarakat menjadi anggota polisi bisa dipastikan itu penipuan alias bohong.

‘’Karena proses rekrutmen yang dilakukan Polri itu sangat ketat. Kalau ada yang menjanjikan bisa meloloskan kami pastikan itu sebagai upaya penipuan, dan pasti bohong,’’ tegasnya.

Kasus ini terjadi pada 2021 saat Wahidin akan mendaftarkan anaknya mengikuti seleksi penerimaan anggota Bintara Polri tahun 2021/2022. Ia bertemu dengan AKP SW yang tak lain tetangga di desanya.

“Dalam kasus ini, SW bekerjasama dengan N, oknum pensiunan ASN di Jakarta. Korban mengalami kerugian Rp310 juta. Dari jumlah tersebut  N menerima bagian Rp300 juta, sedangkan SW Rp10 juta,” pungkas Tompo. [ham]

BEKASI TOP