posbekasi.com

Jawa Barat Masuk Provinsi Percontohan Bebas Malaria

Ilustrasi

posBEKASI.com | JAKARTA – Provinsi Jawa Barat masuk lima provinsi percontohan bebas malaria versi Kementerian Kesehatan. Selain Jawa Barat, provinsi yang dianggap berhasil menanggulangi parasit plasmodium yang dibawa oleh nyamuk Anopheles betina penyebab malaria adalah, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, dan Bali.

“Lima provinsi ini bisa menjadi contoh, tinggal bagaimana bisa mempertahankan, kalau ada kasus baru harus cepat ditangani. Kalau cepat, saya yakin sebelum 2030 bisa dieliminasi,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu, Sabtu 17 Juni 2023.

Lima provinsi yang dianggap berhasil menanggulangi parasit plasmodium yang dibawa oleh nyamuk Anopheles betina penyebab malaria. Yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Bali.

Maxi mengatakan tantangan yang dihadapi saat ini adalah mengeliminasi malaria di wilayah Indonesia bagian timur, sebab menyumbang 80 persen kasus nasional. Kabupaten Sorong Selatan menjadi daerah pertama di Provinsi Papua Barat yang berhasil bebas dari penularan malaria.

Maxi mengatakan intervensi yang bisa dilakukan pemerintah daerah untuk menekan laju kasus malaria dengan cara meningkatkan surveilans lewat pelibatan analis, bidan, dan dokter. Kemenkes juga mendorong pelibatan masyarakat dalam upaya penyelidikan epidemiologi penyakit malaria di lingkungan mereka.

“Papua Barat kami beri apresiasi khusus, karena tahun ini ‘pecah telur’ satu kabupaten bisa mencapai eliminasi. Yakni Kabupaten Sorong Selatan,” katanya. [chy]

BEKASI TOP