posbekasi.com

Pendaftaran Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) 2023 Dibuka, Ini 25 Bidang yang Dilombakan

Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) 2023 digelar di Syarif Hidayatullah Jakarta pada 14-17 Juni 2023. Foto : oase

posBEKASI.com | JAKARTA – Pendaftaran Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) 2023 dibuka secara resmi Senin 8 Mei 2023. OASE PTKI II se-Indonesia tahun 2023 akan dilaksanakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 14-17 Juni 2023. Kompetisi mahasiswa di bidang akademik bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia ini akan mempertandingkan 25 bidang lomba.

Periode pendaftaran peserta kegiatan ajang skala nasional yang digelar untuk kali kedua ini dimulai 8 Mei ini hingga 12 Mei mendatang. Pendaftaran bisa dilakukan secara daring melalui menu pendaftaran di laman resmi kegiatan https://oase.uinjkt.ac.id/ dengan dikordinir oleh koordinator kontingen masing-masing PTKI.

“Silahkan para mahasiswa dan sivitas PTKI untuk mendaftar langsung kontingennya melalui form pendaftaran yang disediakan panitia,” kata Ketua Panitia OASE PTKI II 2023 sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UIN Jakarta, Prof Ali Munhanif dilansir laman panitia OASE.

OASE II dibuka untuk PTKIN dan PTKIS. Pengumuman peserta hasil seleksi dilaksanalan pada tanggal 17 Mei 2023. Lomba akan digelar secara hybrid. Lomba untuk babak penyisihan via daring pada 22 hingga 26 Mei 2023 dan sedangkan babak final diselenggarakan luring pada 14 sampai 17 Juni 2023.

OASE PTKI II merupakan ajang kompetisi prestasi mahasiswa yang memperlombakan bidang agama, sains, dan riset. Kegiatan ini bertujuan memotivasi mahasiswa agar selalu meningkatkan kompetensi intelektual dan spiritual berdasarkan nilai keislaman yang diwujudkan dalam kemampuan analisis, nalar, serta kemampuan menyelesaikan masalah.

Para mahasiswa peminat bisa memilih tak kurang dari 25 bidang lomba yang bakal dikompetisikan. Di bidang sains, lomba meliputi matematika, fisika, kimia, dan biologi (sains). Bidang karya inovasi meliputi literasi dan inovasi teknologi, nanoteknologi dan kesehatan, produk halal dan ketahanan pangan, Iklim, limbah, lingkungan dan sumber daya terbarukan, sosial keagamaan, media pembelajaran, desain artisektur Islam, astronomi Islam/ilmu falak, robotic & programming, dan karya tulis al-Quran.

Selanjutnya business plan, bidang debat ilmiah mencakup debat bahasa Inggris, debat bahasa Arab, dan debat Konstitusi, bidang qiraatul kutub, bidang fahmil qur’an, bidang story telling, bidang da’i/da’iyah, dan bidang psikologi.

Rektor UIN Jakarta Prof Asep Saepudin Jahar mengimbau para mahasiswa dan sivitas akademika PTKI se-Indonesia untuk berpartisipasi dan bersama-sama menyukseskan OASE PTKI II ini. Menurutnya, ajang ini merupakan momentum tepat dalam memperkuat tradisi keilmuan para mahasiswa PTKI.

“Saya mengajak bapak ibu, pengelola dan juga pengembang PTKI untuk menyukseskan OASE PTKI II 2023 ini sehingga kita bisa mengembangkan tradisi keilmuan para mahasiswa kita. Ini sebuah momentum penting dalam menumbuhkan tradisi itu,” tagasnya. (Republika)

BEKASI TOP