posbekasi.com

Dinkop UKM Kabupaten Karawang Launching Klinik Konsultasi untuk Koperasi dan UMKM

Dinas Koperasi (Dinkop) dan UKM Kabupaten Karawang meresmikan Klinik Konsultasi Koperasi dan UMKM di Kantor Dinkop UKM Kabupaten Karawang, Rabu 3 Mei 2023. [Posbekasi.com /Istimewa]

posBEKASI.com | KARAWANG – Dinas Koperasi (Dinkop) dan UKM Kabupaten Karawang meresmikan Klinik Konsultasi Koperasi dan UMKM di Kantor Dinkop UKM Kabupaten Karawang untuk melayani konsultasi sertifikasi/legalitas halal, konsultasi tentang perkoperasian, konsultasi UMKM, pembuatan nomor induk berusaha (NIB), legalitas Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atau merek, dan desain kemasan produk.

“InsyaAllah kehadiran klinik konsultasi ini membantu masyarakat, terutama yang memiliki usaha di sektor UMKM. Semua pelayanan di sini gratis,” kata Wakil Bupati (Wabup) Karawang, H. Aep Saepuloh saat persemian Klinik Konsultasi di kantor Dinas Koperasi (Dinkop) dan UKM Kabupaten Karawang, Rabu 3 Mei 2023.

Wabup mengajak masyarakat yang memiliki usaha di sektor UMKM agar memanfaatkan klinik konsultasi UMKM ini, untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

“Tujuannya jelas. Agar produk UMKM Karawang bisa berdaya saing dan berkualitas tinggi,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinkop UKM Kabupaten Karawang, Rochman mengatakan, pelayanan di klinik konsultasi UMKM dilayani langsung oleh pendamping UMKM dan pendamping koperasi.

“Untuk pelayanan Senin-Jumat kecuali hari libur dan pada jam kerja. Silakan saja ke Klinik konsultasi UMKM, lokasinya ada di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang,” kata Rochman.

Sementara, Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM pada Dinkop UKM Kabupaten Karawang Agus Jaelani mengatakan, Klinik Konsultasi ini merupakan wujud keseriusan Dinkop UKM Karawang untuk meningkatkan kualitas pengurus Koperasi dan pelaku UMKM di Karawang.

Hal ini, kata Agus, sejalan dengan upaya Pemkab Karawang dalam mendorong legalitas usaha koprasi dan UMKM yang berorientasi kepada pasar nasional.

“Semua pelayanan yang tersedia di sini gratis ya, kami sediakan pendamping UMKM dan Koperasi yang handal di bidangnya,” ungkapnya.[din]

BEKASI TOP