posbekasi.com

PMI Nyaba Bocah Kolaan, Pengobatan dan Distribusi Air Bersih Gratis di Pantai Harapan Jaya Muaragembong

PMI Kabupaten Bekasi menggelar pelayanan kesehatan dan pengobatan
Nyaba Bocah Kolaan di SDN Pantai Harapan Jaya 03 Kampung Penombo, Desa Pantai Harapan Jaya, Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Selasa 14 Maret 2023. [Posbekasi.com /PMI Kabupaten Bekasi]

POSBEKASI.com | MUARAGEMBONG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi menggelar pelayanan kesehatan dan pengobatan serta pendistribusian bantuan logistik dan air bersih, serta Nyaba Bocah Kolaan di SDN Pantai Harapan Jaya 03, usai banjir melanda Kampung Penombo, Desa Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muaragembong, Selasa 14 Maret 2023.

“Jadi selama banjir, masyarakat di sini terpaksa beraktivitas di tengah genangan air, berdasarkan hasil assesment mengenai penyakit pasca banjir di antaranya, influenza, gatal-gatal dan diare. Kami juga menyediakan obat-obatan untuk menangani penyakit pasca banjir yang diderita oleh masyarakat,” kata Sekretaris PMI Kabupaten Bekasi, Ucu Surya Jingga.

Ucu menjelaskan, kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat meski berlangsung di tengah guyuran hujan. Hadirnya pelayanan kesehatan ini, kata dia, dimanfaatkan oleh masyarakat sebab banjir di wilayahnya sudah surut setelah hampir dua minggu lamanya pemukiman penduduk tergenang banjir.

Selain memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis, Tim PMI Kabupaten Bekasi juga turun langsung ke salah satu rumah warga yang kondisinya lumpuh untuk melakukan pengecekan kesehatan lebih lanjut.

“Karena ada salah satu warga yang tidak memungkinkan untuk datang secara langsung, maka kami melakukan pemeriksaan dengan mendatangi secara langsung warga yang lumpuh dan dilaporkan juga sedang mengalami sakit,” kata dia.

Kepala Markas PMI Kabupaten Bekasi, Meyliany menambahkan, selain memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis, pihaknya juga menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat sekitar sebagai upaya lanjutan untuk mendukung pemulihan pasca banjir di Kecamatan Muaragembong.

“Hari ini kami mendistribusikan bantuan air mineral 480 pcs, mie instan 400 pcs, popok bayi 300 pcs, makanan siap saji 300 pcs. Sebanyak 70 paket sembako ini kita serah terimakan kepada Pemerintah Kecamatan Muaragembong untuk dibagikan kepada warga,” jelas Meyliany.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengunjungi dan memberikan bantuan kepada salah satu warga yang sebagian rumahnya roboh akibat terdampak banjir.

Selain itu, di lokasi yang sama, PMI Kabupaten Bekasi, melakukan pendistribusian air bersih ke rumah-rumah warga, dengan menggunakan mobil tangki air.

“Kami mendistribusikan sebanyak 5.000 liter air bersih dengan cara keliling ke rumah-rumah warga karena kondisinya juga hujan deras, agar kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi,” ujarnya.[GJA]

BEKASI TOP