posbekasi.com

Malam Nisfu Syaban 2023: Doa, Amalan, dan Keutamaannya

Foto ilustrasi. [net]

POSBEKASI.com | Penulis: Amanda Rafiqah Putri

Malam Nisfu Syaban 2023 jatuh pada 7–8 Maret 2023. Ketahui keutamaan dan apa saja amalan yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Syaban.

Semakin dekat dengan Ramadan, kini kita sudah memasuki bulan Syaban. Di bulan ini, ada malam Nisfu Syaban yang merupakan salah satu hari penting bagi umat Muslim.

Beda dari malam pada umumnya, malam Nisfu Syaban Memiliki banyak keutamaan yang menguntungkan bagi Muslimin dan Muslimat.

Ingin tahu lebih lanjut tentang malam Nisfu Syaban? Simak tanggal jatuhnya Nisfu Syaban tahun ini, keutamaannya, dan amalannya.

Apa Keutamaan Malam Nisfu Syaban?

Nisfu Syaban adalah malam pertengahan di bulan Syaban. Dengan demikian, Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 15 Syaban yang pada tahun 2023 jatuh pada waktu petang 7 Maret 2023 hingga petang 8 Maret 2023.

Malam Nisfu Syaban sendiri istimewa karena memiliki keutamaan. Berikut 3 keutamaan malam Nisfu Syaban:

1. Malam Dilaporkannya Amal Manusia
Malam Nisfu Syaban dikatakan istimewa karena pada malam ini lah catatan amal setiap manusia akan dilaporkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala (H.R Nasai). Tak heran, umat Muslim sangat dianjurkan untuk beribadah pada malam ini sebanyak-banyaknya.

2. Malam Diampuninya Dosa
Hadits riwayat Baihaqi menyatakan keutamaan lainnya mengenai malam pertengahan Syaban ini. Arti dari haditsnya adalah: “[Rahmat] Allah turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian [kemunafikan]”.

3. Malam Dikabulkannya Doa
Bagi kamu yang memiliki hajat, malam Nisfu Syaban adalah waktu yang tepat untuk memohon kepada-Nya. Bukan hanya untuk niat tertentu, malam ini juga malam yang tepat untuk bertobat serta memohon petunjuk-Nya. Berikut hadits yang membahas mengenai keutamaan ini:

“Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, Malam Jumat, Malam Pertama dari bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Lailatul Qadar, malam hari raya idul adha dan idul fitri”. (H.R. Ibnu Abbas).

Apa Saja Amalan di Malam Nisfu Syaban?
Malam yang istimewa sangat sayang untuk dilalui tanpa menabung pahala dan berdoa sebanyak-banyaknya. Berikut adalah Amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada malam Nisfu Syaban:

1. Puasa Syaban
Puasa Syaban adalah salah satu ibadah paling mulia yang bisa dijalankan umat muslim di bulan Syaban. Berikut bacaan niat puasa malam Nisfu Syaban:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Sya’bana lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Syaban esok hari karena Allah Ta’ala.

2. Membaca Surat Yasin Sebanyak 3 Kali
Bukan sekadar mengulang bacaan, membaca surat Yasin sebanyak tiga kali diniatkan untuk 3 doa yang berbeda:

° Bacaan Yasin pertama: Memohon umur yang panjang panjang umur dan
ketaatan serta ketaqwaan dan dapat istiqomah kepada Allah SWT.
° Bacaan Yasin kedua: Memohon untuk dilindungi dari keburukan dan diberikan rezeki yang halal.
° Bacaan Yasin Ketiga: Memohon ditetapkannya Iman Islam hingga akhir hayat.

3. Memperbanyak Dzikir

Di malam istimewa ini, sampaikanlah puji-pujian kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad ﷺ, berikut dzikir yang bisa dibacakan:

° Astaghfirullahal ‘Adzim (100 kali)
° Alhamdulillah (100 kali)
° Subhanallah (100 kali)
° Allahuakbar (100 kali)
° Shalawat Nabi (100 kali)

4. Membaca Doa Malam Nisfu Syaban
Pada malam Nisfu Syaban, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى اللَّهُمَّ اِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَ اْلمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَة

“Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddaa imati fiddunyaa wal aakhiroh.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat.”

5. Memperbanyak Doa
Di malam ketika doa dikabulkan, ini lah kesempatan untuk menyampaikan isi hati kepada yang Maha Kuasa. Pastikan kamu menyampaikan doa dalam keadaan khusyuk dan khidmat.

6. Memperbanyak Salat Sunnah
Selain menjalankan yang wajib, dirikanlah juga berbagai macam sholat sunnah sepanjang Nisfu Syaban. Kamu bisa menjalankankan salat sunnah tasbih apabila ingin melaksanakan salat tapi tidak ada di dalam waktu tertentu.

Pastikan kamu tidak salat di waktu yang dilarang untuk salat seperti habis Subuh sampai waktu Dhuha dan habis Ashar sampai datang waktu Maghrib.

Itu dia keutamaan malam Nisfu Syaban dan berbagai macam amalan yang bisa kamu tunaikan di malam Nisfu Syaban yang akan datang pada 7–8 Maret mendatang.

Bagi para Muslimat, kamu tetap bisa mendapatkan keutamaan Nisfu Syaban sekali pun kamu sedang berhalangan. Dengan niat yang Mulia, semoga malam Nisfu Syaban ini jadi pintu kita untuk mendapatkan ridho-Nya.*

Sumber: tokopedia

BEKASI TOP