posbekasi.com

LSM Peduli Bangsa: Kinerja Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Masih Jauh dari Harapan

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik meresmikan sarana olahraga tiga perumahan di Kecamatan Setu. Tiga perumahan tersebut adalah Perumahan Griya Setu Permai 2 Desa Ciledug, Perumahan Harmoni Desa Lubang Buaya dan Perumahan Cahaya Darussalam Desa Cijengkol. [Foto Arsip bekasikab.go.id]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Pemerhati kebijakan publik dari LSM Peduli Bangsa, Abu Fitri Mu’min menilai kinerja Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik masih jauh dari harapan. Sebagai ketua DPRD, BN Holik dinilai kurang maksimal dalam menjalankan perannya menjalankan fungsi, terutama pengawasan.

“Ya saya melihat fungsi pengawasan yang dijalankan ketua DPRD ini sangat minim sekali, terutama menekankan kepada anggota DPRD yang lain dalam menyorot kinerja SKPD dalam mengerjakan projek pembangunan di Kabupaten Bekasi,” ujar Abu Fitri Mu’min, Selasa 31 Januari 2023.

Dia menilai, masih banyak pembangunan infrastruktur yang tidak sesuai prosedur. Misalnya saja, pembangunan beberapa ruas jalan dimana ditemui pengerjaannya tidak sesuai dengan spek.

Selain itu juga ada bangunan sekolah yang belum lama dibangun tetapi mudah rusak. “Nah fungsi pengawasan ini sangat penting dari wakil rakyat. Ketua DPRD dalam hal ini bisa memainkan perannya untuk mengawasi pekerjaan yang dilakukan eksekutif. Jadi jangan asal serap saja anggaran,” katanya.

Selain itu juga, Ketua DPRD belum maksimal membangun komunikasi dengan eksekutif dalam penuntasan masalah yang dihadapi di Kabupaten Bekasi. Abu Fitri mencontohkan seperti kurangnya koordinasi yang dibangun DPRD dengan eksekutif terkait penuntasan masalah pengangguran di Kabupaten Bekasi.

“Kita melihat pemerintah daerah telah membentuk tim penanggulangan penangguran. Sampai hari ini kita juga tidak tahu sejauh mana penyerapan tenaga kerja yang dilakukan tim tersebut, masyarakat tidak tahu itu,” katanya.

“Nah, seharusnya Ketua DPRD lebih respon dan memberikan pengawasan serta masukan agar tim tersebut bekerja dengan maksimal. Jangan diam saja dan masa bodo dengan pekerjaan eksekutif itu,” tambahnya.

Abu Fitri menilai harus ada evaluasi terhadap kinerja Ketua DPRD Kabupaten Bekasi. Bagaimanapun, peran Ketua DPRD harus mampu memberikan pengawasan terhadap kinerja eksekutif dalam pembangunan di Kabupaten Bekasi.*

Berita ini telah dotayang jabarlinemcom dengan judul: LSM Peduli Bangsa “Sentil” Kinerja Ketua DPRD Kabupaten Bekasi

BEKASI TOP