posbekasi.com

Pengusaha Saudi Menangkan Lelang Tiket Pertandingan Ronaldo Lawan Messi Seharga Rp39 Miliar

Kombinasi foto yang menunjukkan punggawa PSG, Lionel Messi (kiri), dan Cristiano Ronaldo yang baru berlabuh ke klub Arab Saudi Al Nassr. (Foto: AFP)

POSBEKASI.com : Seorang pengusaha real estat asal Saudi memenangkan tiket untuk menyaksikan pertandingan persahabatan antara Cristiano Ronaldo melawan Lionel Messi setelah menawar sebesar $2,6 juta (sekitar Rp39,4 miliar) pada sebuah lelang, kata seorang pejabat lelang pada Selasa (17/1).

Pertandingan yang akan digelar pada Kamis (19/1) di Riyadh itu akan mempertemukan tim Messi, Paris Saint-Germain, dengan tim terpilih yang terdiri dari pemain klub baru Ronaldo, Al Nassr, dan rivalnya di Saudi, Al Hilal.

Ini akan menjadi pertandingan pertama Ronaldo di kerajaan itu semenjak menandatangani kontrak dengan Al Nassr hingga 2025, yang bernilai lebih dari 200 juta euro (sekitar Rp3,2 triliun), menurut beberapa sumber yang dekat dengan klub tersebut.

Pemenang Ballon d’Or sebanyak lima kali itu dijadwalkan memulai debutnya di Liga Pro Saudi bersama klub Al Nassr pada hari Minggu (22/1).

Untuk mempromosikan pertandingan persahabatan hari Kamis mendatang, Turki al-Sheikh, penasihat di Royal Court dan kepala Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi, mengumumkan lelang amal untuk tiket khusus yang akan dilengkapi dengan fasilitas seperti kesempatan berfoto dengan pemain dan akses ke ruang ganti pemain.

Penawaran dimulai pada 1 juta riyal Saudi (Rp4 miliar) dan lelang ditutup pada jam 11:30 malam waktu setempat pada Selasa (17/1).

Sheikh kemudian mengumumkan di Twitter bahwa penawar tertinggi pada lelang itu adalah Mushref al-Ghamdi.

“Selamat, Anda pantas mendapatkannya, dan semoga Tuhan membalas Anda dengan kebaikan,” kata Sheikh.

Hasil lelang akan digunakan untuk kampanye amal nasional yang dikenal sebagai Ehsan.

Selain Messi, bintang PSG lain yang diperkirakan akan ikut bermain pada Kamis mendatang antara lain adalah penyerang timnas Prancis Kylian Mbappe serta Achraf Hakimi, yang pada Piala Dunia Qatar tahun lalu membantu Maroko menjadi negara Arab dan Afrika pertama yang mencapai babak semifinal Piala Dunia.

Sementara tim pilihan asal Saudi mencakup Salem Al-Dawsari, yang mencetak gol kemenangan dalam pertandingan babak penyisihan grup Piala Dunia melawan Argentina.

Kerajaan Arab Saudi yang kaya minyak, yang selama beberapa waktu terakhir membeli aset-aset dunia olahraga sebagai bagian dari upaya untuk memperhalus citranya yang keras, kerap dituduh melakukan “sportswashing,” atau menggunakan olahraga untuk mengalihkan perhatian dari kontroversi hak asasi manusia di negara tersebut.

Ronaldo diperkirakan akan menerima gaji gabungan 400 juta euro (sekitar Rp6,5 triliun), termasuk pembayaran terpisah untuk pekerjaannya sebagai duta untuk upaya Arab Saudi, Mesir dan Yunani menjadi tuan rumah Piala Dunia, menurut beberapa sumber yang dekat dengan klub Al Nassr. [voa]

BEKASI TOP