posbekasi.com

Derita Inggris, Prancis Bertemu Maroko di Semifinal

Kapten Timnas Inggris Harry Kane mencetak satu gol penalti, tetapi gagal pada kesempatan penalti lainnya saat melawan Prancis di perempat final Piala Dunia di Stadion Al Bayt, Qatar, Ahad (11/12/2022) dinihari. [Posbekasi.com /FIFA]

POSBEKASI.com | QATAR – Prancis akan menghadapi Maroko di semifinal Qatar 2022 setelah kemenangan 2-1 yang mendebarkan atas Inggris di Stadion Al Bayt, Qatar, Ahad (11/12/2022) dinihari.

Sundulan Olivier Giroud di babak kedua akhirnya terbukti menjadi gol penentu kemenangan setelah tembakan penalti Harry Kane melambung di atas gawang.

Banyak yang diharapkan dari bentrokan dua raksasa Eropa ini, dan pertandingan ini berhasil membuktikan ekspektasi tersebut. Tidak ada tim yang mampu mempertahankan kendali saat momentum bergeser satu arah, lalu ke arah lain, dengan Inggris memulai dengan lebih baik sebelum Prancis memanfaatkan tekanan singkat yang terjadi.

Namun, hanya sedikit yang akan memprediksi pencetak golnya, bahkan mungkin bagi Tchouameni saat dia melepaskan tembakan kaki kanan ke pojok kiri bawah dari jarak 25 meter untuk gol kompetitif pertamanya bagi Les Bleus.

Sisa babak pertama kemudian menjadi semacam pertarungan pribadi antara Kane dan Hugo Lloris, rekan satu klub di Tottenham Hotspur. Sang kiper berhasil menepis upaya sang striker yang begitu dekat dengan gawang Prancis.

Namun upaya sang kapten Inggris pada penalti pertama tidak dapat ditepis dan memberikan penyeimbang bagi Inggris pada sembilan menit memasuki babak kedua. Penaltinya, yang diberikan setelah Bukayo Saka dilanggar Aurelien Tchouameni, mengarah ke pojok kiri atas.

Kedua tim menciptakan beberapa peluang dalam babak berikutnya, dengan Jordan Pickford menghasilkan satu penyelamatan yang sangat mengesankan untuk mengalihkan tendangan voli Giroud ke belakang menjadi sepak pojok. Pencetak rekor Prancis, seperti Kane, tidak gentar, dan mendapat hadiah ketika sundulannya di tiang dekat dari umpan silang Antoine Griezmann melintas melewati Pickford melalui sentuhan Harry Maguire.

Pertandingan berakhir dan drama berakhir? Tidak. Inggris mendapatkan penalti lain segera setelah dorongan Theo Hernandez yang tidak perlu di belakang Mason Mount dihukum penalti setelah pemeriksaan VAR. Kane kembali melangkah, membidik dengan kombinasi kekuatan dan presisi yang sama, tetapi kali ini tekniknya yang biasanya tanpa cela mengecewakannya dan bola terbang dengan liar.

Inggris terengah-engah setelahnya, dengan Marcus Rashford meringkuk dari upaya tendangan bebas yang terlambat. Sang juara bertahan yang berhasil keluar menjadi pemenang menantikan hari-H empat besar dengan tim berisikan kejutan Qatar 2022.

Momen Kunci

Ada beberapa penendang penalti yang lebih andal di dunia sepak bola selain Kane. Dia memenangkan adidas Golden Boot terutama karena keahliannya dari titik penalti, setelah hanya mencetak satu gol dari permainan terbuka.

Namun, meskipun Inggris mengharapkan jaring Prancis kembali dijebol ketika dia melangkah untuk kedua kalinya untuk mengambil penalti di Stadion Al Bayt, dia mengarahkan bola dengan tinggi ke arah tribun dan memperpanjang penantian menyakitkan The Three Lions untuk kesuksesan turnamen besar.

Gol: Inggris – Kane (54′ pen);
Gol: Prancis – Tchouameni (17′), Giroud (78′).[fifa]

BEKASI TOP